Daftar Pemain Thailand yang Pernah Berkarier di Liga Indonesia, Terkini Elias Dolah – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Berikut daftar pemain Thailand yang pernah berkarir di Liga Indonesia, dimana Elias Dolah menjadi pemain terbaru yang bermain di Tanah Air.

Elias Dolah menjadi perbincangan setelah bergabung dengan klub Liga 1, Bali United, untuk musim 2023/2024 mendatang.

Bek berusia 30 tahun itu resmi diperkenalkan oleh tim bernama Tridatu Prajurit Prajurit pada laga Kualifikasi Play-off Liga Champions Asia melawan PSM Makassar, Selasa (6/6/2023).

“Halo Semeton, saya Elias Dolah, saya baru tiba di Bali. Saya sangat senang bermain di Bali United dan bertemu dengan kalian semua. Saya tidak sabar untuk debut. Sampai jumpa lagi,” ujar Elias Dolah seperti dikutip dari laman resmi klub, Rabu (7/6).

Meski sudah diperkenalkan, Elias Dolah belum sepenuhnya menjadi milik Bali United karena ada tahapan tes kesehatan yang akan dilakukan.

Namun, perkenalan yang dilakukan Elias Dolah di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar seolah menjadi pertanda akan menjadi anggota baru Bali United.

Merger Elias Dolah dengan Bali United pun menambah panjang daftar pemain Thailand yang pernah bermain di Liga Indonesia. Siapa pemain ini?

1. Pipat Thonkanya

Pipat Thonkanya merupakan salah satu pemain asal Thailand yang pernah berkarir di Indonesia, saat bergabung dengan Persisam Putra Samarinda.

Ia bergabung dengan Persisam untuk Liga Super Indonesia (ISL) pada musim 2009-2010. Dia memainkan total 30 pertandingan dengan rekor 10 gol.

2. Sinthaweechai Hathairattanakool

Tak hanya bek, gelandang, atau penyerang, Thailand juga punya kiper yang pernah berkarir di Indonesia, Sinthaweechai Hathairattanakool.

Sinthaweechai sendiri sudah dua kali bermain di Indonesia bersama Persib Bandung, pada tahun 2006 dan 2009. Ia juga pernah menjadi andalan timnas Thailand di level internasional.

3. Suchao Nuchnum

Persib Bandung juga memiliki pemain timnas Thailand lainnya pada tahun 2009 saat dibela oleh Suchao Nuchnum yang dipinjamkan dari TOT FC.

Kariernya bersama Persib berlangsung singkat. Dia membuat 17 penampilan untuk Maung Bandung, menyumbang tiga gol.

4. Pradith Taweechai

Pradith Taweechai bisa dikatakan sebagai pemain Thailand pertama yang bermain di Indonesia pada tahun 2005 bersama Persib Bandung.

Pemain yang berposisi sebagai bek itu juga pernah membela Persib dalam 68 pertandingan di berbagai kompetisi, sebelum hengkang ke Tampines Rovers.

5. Phaitoon Tiabma (Persijap Jepara)

Persijap Jepara bermain di kasta atas Indonesia dan pernah mendatangkan pemain Thailand di Phaitoon Tiabma.

Pemain yang berposisi sebagai bek itu membela Persijap pada musim 2009-2010 dan tampil sebanyak 55 kali untuk tim berjuluk Laskar Kalinyamat tersebut.

[Felix Indra Jaya]