Daftar Pemain hingga Pelatih, Lawan Timnas Indonesia di Babak 16 Besar Piala Asia 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Mengenal Lebih Dekat Timnas Australia, salah satu kandidat juara yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia sudah menanti lawan tangguh yakni Australia usai memastikan tiket babak 16 besar Piala Asia 2023 pada Kamis sore (25/1) WIB.

Skuad Garuda akan bertemu tim berjuluk Socceroos karena sama-sama menempati peringkat klasemen fase grup.

Australia sendiri menjadi juara grup B dengan tujuh poin. Sedangkan Timnas Indonesia berada di peringkat ketiga Grup D dengan tiga poin.

Duel Australia vs Indonesia sendiri rencananya akan digelar pada Minggu (28/1) yang menjadi laga pembuka putaran ke-16 Piala Asia 2023.

Jika melihat sejarah pertemuannya, kedua timnas Indonesia dan Australia kerap bertemu di level senior dan kelompok umur.

Di level senior, pertemuan terakhir keduanya terjadi pada tahun 2010, di mana Timnas Indonesia hanya kalah tipis 0-1 dari Australia.

Sebelumnya, Timnas Indonesia juga bermain imbang bahkan menang melawan Australia. Sehingga skuad Garuda kini dipenuhi rasa percaya diri yang tinggi.

Namun saat ini Australia dikenal sebagai kekuatan Asia yang tidak bisa dianggap remeh. Lantas, bagaimana dengan profil Socceroos sendiri?

Salah satu Raja Asia

Sejak bergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada tahun 2005, Australia dikenal sebagai salah satu raja Asia, khususnya di Piala Asia.

Piala Asia pertama yang diikuti Australia adalah Piala Asia 2007. Pada edisi tersebut, Socceroos berhasil mencapai babak perempat final.

Kemudian pada Piala Asia 2011 di Qatar, Australia mengukuhkan diri sebagai salah satu kekuatan Asia ketika berhasil menjadi runner-up pada edisi tersebut.

Apalagi pada Piala Asia edisi 2015 yang digelar di negaranya sendiri, Australia berhasil menjadi juara.

Jika dihitung dari edisi 2023, prestasi terburuk Australia di Piala Asia hanya mencapai babak perempat final pada edisi 2007 dan 2019.

Tak heran, dengan sejarah baru namun mengesankan tersebut, Timnas Indonesia diharapkan tidak terlalu terjebak dalam euforia dan menganggap enteng Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Pelatih: Graham Arnold

Di Piala Asia 2023, Australia akan dibimbing oleh pelatih kondang Graham Arnold. Namanya sendiri sudah tidak asing lagi di telinga para Socceroos.

Selain statusnya sebagai pelatih lokal, Graham Arnold pernah menjadi asisten pelatih Timnas Australia pada 2000-2006 dan 2008-2010.

Ia juga pernah menjabat sebagai caretaker atau pelatih interim Australia pada 2006-2007, serta melatih Timnas U-23 negaranya pada 2007-2008 dan 2018-2021.

Sedangkan di level klub, Graham Arnold pernah melatih klub Australia seperti Sydney FC, Northern Spirit dan Central Coast Mariners serta juga melatih klub Jepang Vegalta Sendai.

Dalam karir kepelatihannya di level klub, Graham Arnold kerap meraih gelar juara. Bahkan, ia mampu mengantarkan Australia menorehkan rekor sebagai negara pertama yang tampil di Piala Dunia dengan 11 kemenangan beruntun di babak kualifikasi.

Daftar Pemain Australia di Piala Asia 2023:

Penjaga gawang:
-Matthew Ryan
-Lawrence Thomas
– Joe Gauci

Pembela:
– Thomas Deng
-Natanael Atkinson
-Kye Rowles
– Bos Jordan
– Aziz Behich
– Harry Southar
-Lewis Miller
– Cameron Burgess
– Gethin Jones

Gelandang:
– Connor Metcalfe
– Aiden O’Neill
– Riley McGree
– Keanu Bacchus
-Jackson Irvine
– Patrick Yazbek

penyerang:
-Martin Boyle
-Samuel Silvera
– Bruno Fornaroli
– Kusini Yengi
– Marco Tilio
-Mitchell Duke
-Craig Goodwin
– John Iredale

Kontributor: Felix Indra Jaya