Daftar nominasi Ballon d’Or tidak memasukkan Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo untuk pertama kalinya dalam 21 tahun

by

Daftar calon peraih Ballon d’Or tampak sedikit berbeda pada tahun 2024.

Sebagai Sepak Bola Prancis Majalah tersebut secara bertahap merilis 30 nominasi dalam lima gelombang, para penggemar berharap untuk melihat setidaknya nama Lionel Messi setelah kemenangannya di Copa America selama musim panas, bahkan mungkin Cristiano Ronaldo setelah 50 golnya untuk Al Nassr musim lalu.

Namun ketika beberapa yang terakhir terungkaptidak ada Messi…dan tidak ada Ronaldo juga.

Ronaldo tidak terlalu mengejutkan. Pemain berusia 39 tahun itu sebelumnya tidak tampil pada tahun 2023 dan secara objektif kesulitan untuk memberikan pengaruh di Euro 2024 bersama Portugal, yang menggarisbawahi bahwa Liga Pro Saudi berada satu langkah di bawah level yang ditinggalkannya di Eropa.

Messi juga telah meninggalkan klub sepak bola Eropa dan pindah ke Inter Miami pada tahun 2023. Namun, ia tetap mengklaim Ballon d’Or tahun itu, yang diberikan sebagai penghargaan atas keberhasilan Argentina di Piala Dunia tahun 2022. Ketidakhadirannya sama sekali dalam daftar nominasi jauh lebih mengejutkan.

Messi, yang kini berusia 37 tahun, akan berusaha keras untuk meraih Ballon d’Or kesembilannya yang memecahkan rekor. Ronaldo telah memenangkan lima Ballon d’Or dan keduanya yang telah menjadi ikon sepak bola elit generasi terakhir dan merupakan dua pemain terhebat sepanjang masa, telah mengoleksi 13 trofi Ballon d’Or.

Antara tahun 2008 dan 2017, tidak ada pemain lain yang memenanginya. Sejak kemenangan Kaka pada tahun 2007, Luka Modric (2018) dan Karim Benzema (2022) adalah satu-satunya pemain yang mampu mematahkan duopoli tersebut.

Bahkan saat itu, Messi dan Ronaldo masing-masing dinominasikan di kedua tahun tersebut. Namun karena keduanya tidak masuk nominasi pada tahun 2024, ini adalah daftar nominasi Ballon d’Or pertama yang tidak menampilkan setidaknya satu dari mereka sejak tahun 2003.

Ronaldo dinominasikan untuk pertama kalinya pada tahun 2004 setelah musim debutnya bersama Manchester United dan penampilan gemilangnya bersama Portugal di Kejuaraan Eropa musim panas itu. Setidaknya satu dari mereka – biasanya keduanya – selalu masuk dalam daftar nominasi sejak saat itu…hingga sekarang.

Pavel Nedve

Pavel Nedved adalah pemenang Ballon d’Or tahun 2003 / PIERRE VERDY/GettyImages

Dunia sepak bola berada pada posisi yang sangat berbeda pada tahun 2003. Serie A boleh dibilang masih menjadi raja, namun belum secara permanen digantikan oleh Premier League dan La Liga pada tahun-tahun berikutnya.

Ballon d’Or dimenangkan oleh Pavel Nedved, yang telah mengendarai Juventus ke final Liga Champions. Pemain sayap asal Ceko itu finis jauh di atas penyerang Arsenal Thierry Henry dan bintang AC Milan Paolo Maldini. Andriy Shevchenko dan Zinedine Zidane melengkapi lima besar, sementara Ruud van Nistelrooy, Roberto Carlos dan David Beckham masuk dalam sepuluh besar.

Daftar pendek keseluruhan menampilkan sebanyak 50 pemain, hampir dua kali lipat jumlah hari ini, dengan 26 di antaranya menerima setidaknya satu suara dan 24 lainnya gagal memperoleh satu pun.

BACA BERITA TERBARU, RUMOR TRANSFER DAN REAKSI PERTANDINGAN