Daftar Klub Sepak Bola yang Ada di Makassar, PSM Paling Tersohor – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Sebagai salah satu daerah di Indonesia yang kerap melahirkan pemain-pemain sepak bola ternama, Makassar sebenarnya mempunyai banyak klub sepak bola.

Berbicara tentang sepak bola Makassar, nama pertama yang terlintas di benak para pecinta sepak bola Nasional adalah PSM Makassar.

Sebagai tim yang konsisten di kompetisi kasta tertinggi Indonesia dan meraih prestasi gemilang, PSM Makassar dinilai bisa menjadi kebanggaan masyarakat Makassar.

Lantas, klub sepak bola apa saja yang berasal dari Kota Makassar? Berikut ulasannya!

1.PSM Makassar

Menurut catatan sejarah, PSM Makassar berdiri pada tanggal 2 November 1915. Asal muasal klub ini bermula dari berdirinya klub bernama Makassarche Voetbal Bond (MVB).

Tak hanya di Indonesia, klub ini tercatat sebagai salah satu klub sepak bola tertua di Asia Tenggara. Kemudian pada tahun 1942, MVB berganti nama menjadi Persatuan Sepak Bola Makassar (PSM) yang masih eksis hingga saat ini.

2. Kota Makassar FC

Berbeda dengan PSM, Makassar City FC merupakan klub baru di Kota Makassar yang merupakan klub baru. Cikal bakal klub ini muncul pada tahun 2019 saat berdirinya klub bernama Alesha FC.

Dalam upayanya menjadi klub yang lebih profesional, Alesha FC kemudian mendaftar ke Asprov PSSI. Hingga akhirnya mereka berlaga di Liga 3 dengan nama Makassar City FC.

3. Bank Sulselbar FC

Meski namanya jarang terdengar di jagat sepak bola Tanah Air, Bank Sulselbar FC rupanya sudah berdiri sejak tahun 2006.

Sesuai dengan namanya, klub sepak bola ini dimiliki oleh perusahaan perbankan lokal Makassar, PT. Bank Sulselbar. Mereka saat ini berkompetisi di Liga 3.

4. Rajawali Muda Makassar

Rajawali Muda Makassar FC adalah klub sepak bola Indonesia yang bermarkas di Stadion Barombong, Kota Makassar.

Klub ini aktif dan fokus mengembangkan pemain-pemain sepak bola muda (awal) berbakat dengan hadirnya Rajawali Muda Soccer School (SSB) yang menaungi mereka. Klub ini berdiri pada tahun 2017 dan pada tahun 2022, Rajawali Muda Makassar FC resmi terdaftar sebagai anggota Asprov PSSI Sulawesi Selatan.

Kini tim utama Rajawali Muda Makassar berlaga di zona Liga 3 Sulsel dan memiliki beberapa tim tingkat usia mulai dari U-13, U-15, U-17, hingga -20.

Kontributor: Aditia Rizki