Chelsea buka proses disiplin terhadap Enzo Fernandez atas nyanyian ‘rasis’

by

Chelsea mengonfirmasi bahwa mereka telah ‘menjalankan prosedur disiplin internal’ setelah Enzo Fernandez memfilmkan dia dan rekan setimnya di Argentina meneriakkan lagu rasis.

Fernandez mengunggah video daring yang memperlihatkan dirinya bersama beberapa rekannya di Argentina menyanyikan nyanyian yang menyinggung yang ditujukan kepada pemain Prancis keturunan Afrika setelah kemenangan di final Copa America hari Minggu melawan Kolombia. Lagu tersebut pertama kali muncul di final Piala Dunia FIFA 2022 antara Argentina dan Prancis.

Bek the Blues Wesley Fofana mengecam tindakan Fernandez di X, sebelumnya Twitter, sementara beberapa rekan setim Chelsea lainnya berhenti mengikuti gelandang tersebut di Instagram.

Federasi Sepak Bola Prancis mengajukan keluhan ke FIFA pada hari Selasa, sementara Fernandez telah berusaha meminta maaf atas nyanyian tersebut.

Pernyataan dari Fernandez berbunyi: “Saya ingin meminta maaf dengan tulus atas video yang diunggah di saluran Instagram saya selama perayaan tim nasional. Lagu tersebut mengandung bahasa yang sangat menyinggung dan sama sekali tidak ada alasan untuk kata-kata tersebut. Saya menentang diskriminasi dalam segala bentuk dan meminta maaf karena telah terbawa suasana euforia perayaan Copa America kami.

“Video itu, momen itu, kata-kata itu tidak mencerminkan keyakinan atau karakter saya. Saya benar-benar minta maaf.”

Wesley Fofana

Fofana mengkritik Fernandez atas ‘rasisme yang tak terkendali’ / Jean Catuffe/GettyImages

Chelsea juga merilis pernyataan klub pada Rabu pagi, yang berbunyi: “Chelsea Football Club menganggap semua bentuk perilaku diskriminatif sama sekali tidak dapat diterima. Kami bangga menjadi klub yang beragam dan inklusif, tempat orang-orang dari semua budaya, komunitas, dan identitas merasa diterima.

“Kami mengakui dan menghargai permintaan maaf publik dari pemain kami dan akan menggunakan ini sebagai kesempatan untuk mendidik.”

“Klub telah menerapkan prosedur disiplin internal.”

BACA BERITA CHELSEA TERBARU, RUMOR TRANSFER & GOSSIP