Captain Fantastic! Bikin Gol di Piala Asia, Asnawi Mangkualam Cetak Sejarah Bersama Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Tendangan penalti Asnawi Mangkualam membuat skuad Indonesia unggul 1-0 atas Vietnam pada laga Grup D Piala Asia 2023 pada matchday 2 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Mulai menit ke-40, pergerakan timnas Indonesia, Rafael Struick, di kotak penalti berhasil dibentur pemain Vietnam.

Sayap belakang Andalan sekaligus kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam pun turun tangan mengambil tendangan penalti, dan menyundul bola ke kanan gawang Filip Nguyen untuk membawa Garuda unggul 1-0 di laga krusial tersebut.

BACA JUGA: Cetak Gol dari Titik Putih, Asnawi Mangkualam Pimpin Timnas Indonesia Ungguli Vietnam di Babak Pertama

Asnawi Mangkualam juga menyegel tinta emas bersama Timnas Indonesia di festival besar sepak bola Piala Asia.

Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam WIB. [KARIM JAAFAR / AFP]

Pemain berusia 24 tahun itu mencetak rekor sebagai kapten timnas Indonesia yang berhasil mencetak gol di salah satu edisi Piala Asia.

Sebelumnya, pada edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007 muncul nama-nama seperti Sudirman, Aji Santoso, Agung Setyabudi, dan Ponaryo Astaman. juragan Timnas Indonesia tak mencetak gol dalam turnamen yang diikutinya sebagai kapten utama Garuda itu.

Ponaryo Astaman mencetak gol pada edisi 2004, namun gelandang legendaris tersebut hanya menjadi kapten timnas Indonesia di Piala Asia 2007.

BACA JUGA: Trio Striker Sejati Timnas Indonesia Tumbangkan Vietnam, Hasil STY Bikin Menonjol

Asnawi Mangkualam sendiri saat ini menjadi salah satu pemain dengan caps terbanyak di skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023. Ia sudah mengantongi 38 caps. topi dan 2 gol.