Bung Towel Jadi Sebab Danone Cup Dihentikan? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Membahas kebenaran pemberitaan menyesatkan terkait sosok Tommy Welly atau Bung Towel yang disebut-sebut menjadi penyebab terhentinya kompetisi Piala Danone.

Belakangan ini nama Bung Towel menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta sepak bola tanah air karena komentar pedasnya saat Piala Asia 2023.

Komentar pedasnya muncul saat Timnas Indonesia memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 hingga membuat netizen geram.

Karena itulah nama Bung Towel menjadi bahan gunjingan. Tak sedikit pihak yang kemudian mengungkap rekam jejak pria yang akrab disapa pengamat itu.

Salah satunya adalah akun X (Twitter) @mafiawasit. Dalam cuitannya, akun tersebut menyebut sudah lama marah pada Bung Towel.

Akun @MafiaWasit menyayangkan jika Bung Towel disebut-sebut sebagai sosok yang menyebabkan peristiwa-peristiwa pemain muda seperti Danone Nations Cup U-12 menutup pembukuan mereka saat ini.

Akun tersebut menyebutkan, Bung Towel menegur penyelenggara Danone U-12 Nations Cup karena tidak berkoordinasi dengan PSSI.

Apalagi saat itu Bung Towel masih menjadi bagian dari PSSI dan menganggap seluruh aktivitas sepak bola di Indonesia berada di bawah kewenangan PSSI.

Tak heran jika cuitan @MafiaWasit menjadi perbincangan warganet. Banyak yang kesal dengan ulah Bung Towel di masa lalu hingga kini tak terdengar lagi persaingannya.

Tapi, benarkah Bung Towel menjadi alasan Danone Cup atau Danone Nations Cup tidak lagi digelar saat ini?

Peringatan PSSI, Berhenti karena Pandemi

Sebagai tambahan informasi, Danone Cup atau Danone Nations Cup merupakan ajang bergengsi bagi para pemain muda sepak bola tanah air.

Dari peristiwa tersebut banyak lahir pemain sepak bola ternama Indonesia. Salah satunya Asnawi Mangkualam yang kini menjadi kapten tim Merah Putih.

Jika dilihat kronologisnya, pada tahun 2014 ajang Danone Nations Cup mendapat teguran dari PSSI menyusul sikap panitia yang tidak berkoordinasi dengan PSSI.

Laporan dari Cakupan 6 Pada pertengahan tahun 2014, teguran datang dari Anggota Komite Eksekutif sekaligus Ketua Komite Kompetisi PSSI saat itu, Erwin Dwi Iriawan, serta Ketua Komite Pembinaan Anak Usia Dini, La Siya.

Pada tahun tersebut, Bung Towel sendiri menyandang status Direktur Kompetisi PSSI 2013-2016 dan Pembinaan Sepakbola Umum PSSI 2014-2015.

Hanya saja belum ada laporan atau sumber yang menyebut Bung Towel adalah sosok di balik peringatan yang diberikan PSSI pada Danone Nations Cup.

Meski mendapat teguran dari PSSI, Danone Nations Cup sebenarnya masih berlangsung di Indonesia hingga edisi 2019.

Pada edisi 2020, acara tersebut terhenti karena pandemi Covid-19. Faktanya, karena wabah tersebut, Danone Cup of Nations ditunda hingga 2021.

Hingga saat ini ajang Danone Nations Cup bisa dikatakan punah karena sudah tidak berjalan lagi. Nah, alasan event ini sekarang dihentikan karena pandemi pertengahan tahun 2020-2021.

Kontributor: Felix Indra Jaya