Biodata dan Profil Xavi Hernandez yang Mundur dari Pelatih Barcelona – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Xavi Hernandez resmi mengundurkan diri sebagai pelatih klub Spanyol, Barcelona. Begitulah tanggung jawab atas kekalahan Barcelona vs Villarreal dengan skor 3-5 di Olimpic Stadium Lluis Companys yang digelar Minggu (28/1/2024) dini hari WIB.

“Saya mengumumkan bahwa pada 30 Juni, saya tidak lagi menjabat sebagai pelatih di Barca. Saya pikir segalanya harus berubah, dan sebagai Culer, saya tidak bisa membiarkan situasi saat ini,” ujar Xavi dalam keterangan resminya.

Xavi sendiri berada dalam tekanan setelah Barca meraih sejumlah hasil buruk pada musim 2023/2024. Meski begitu, ia berhasil membawa tim ke babak sistem gugur Liga Champions. Penurunan peringkatnya membuat profil dan biografinya menjadi sorotan.

Profil Xavi Hernandez

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez menghadiri konferensi pers di Joan Gamper, jelang laga El Clasico melawan Real Madrid, Sabtu (15/10/2022). [AFP]

Pemilik nama lengkap Xavier Hernandez Creus ini lahir di Terrassa, Spanyol pada 25 Januari 1980. Kini, putra dari pasangan pJoaquim Hernandez dan Maria Mercè Creus ini telah berusia 44 tahun. Ayahnya adalah mantan pemain klub Sabadell.

Xavi Hernandez sendiri dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik sepanjang masa. Hal ini disebabkan oleh penglihatan, retensi bola, passing dan positioning. Ia memulai karirnya sebagai pesepakbola dengan bergabung dengan Barcelona B.

Ia yang saat itu masih remaja, bergabung pada tahun 1997. Setahun kemudian, Xavi mulai bergabung dengan klub utama Barcelona. Ia juga dikenal sebagai salah satu legenda tim bersama pemain populer lainnya, Lionel Messi.

Perjalanannya bersama Barca berakhir pada tahun 2015. Sejak tahun ini hingga 2019, Xavi bermain untuk Al Sadd. Selain itu, ia juga terpilih menjadi pemain timnas Spanyol. Selain aktif sebagai atlet, ia juga turut berkontribusi dalam meraih kemenangan.

Kemudian pada 28 Mei 2019, Xavi menjadi manajer Al Sadd dengan kontrak berdurasi dua tahun. Dia membantu klub mencapai semifinal Liga Champions AFC dan memenangkan tiga trofi domestik, termasuk liga dan Piala Qatar.

Al Sadd mengikuti 97 pertandingan, Xavi berhasil membawa klub ini meraih tujuh trofi. Kemudian pada 6 November 2021, ia kembali ke tim lamanya, Barcelona sebagai manajer baru menggantikan Ronald Koeman.

Xavi dikontrak hingga Juni 2024, namun ia mengakhirinya pada Januari 2024. Saat tiba, ia dilaporkan menerapkan aturan yang lebih ketat, seperti menerapkan kembali denda dan kedatangan pemain lebih awal.

Ia juga melatih dan memantau aktivitas luar lapangan para pemain. Pada laga pertama di bawah asuhannya, Barca berhasil mengalahkan Espanyol dengan skor 1-0. Ini adalah kemenangan pertama Xavi sebagai manajer.

Sedangkan kekalahan pertamanya sebagai manajer Barcelona terjadi saat melawan Real Betis di La Liga. Sejak saat itu, ia kerap membuat Barca terpuruk dan memutuskan berhenti melatih klub tersebut.

Di sisi lain, Xavi Hernandez menikah dengan seorang wanita bernama Nuria Cunillera pada tahun 2013. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai dua orang anak yang lucu yakni Asia dan Dan.

Biografi Xavi Hernandez

Xavi Hernandez. [Instagram/xavi]
Xavi Hernandez. [Instagram/xavi]

Nama Lengkap : Xavier Hernandez Creus

Nama panggilan: Xavi

Tempat, Tanggal Lahir : Terrassa, Spanyol, 25 Januari 1980

Usia: 44 Tahun

Pekerjaan: Pelatih dan Manajer Sepak Bola

Pendidikan:-

Tinggi: 170 cm

Orangtua: Joaquim Hernandez dan Maria Mercè Creus

Pasangan: Nuria Cunillera

Anak-anak: Asia dan Dan

Instagram: @xavi

Kontributor: Xandra Junia Indriasti