Belanda vs Turki: Pratinjau, prediksi, dan susunan pemain

by

Belanda akan menghadapi Turki pada Sabtu malam dalam pertandingan perempat final di Piala Eropa 2024 di Berlin.

Belanda tampil dengan performa terbaik mereka di turnamen ini pada babak 16 besar, dengan Cody Gakpo kembali bersinar dengan satu gol dan satu assist. Donyell Malen juga tampil mengesankan dari bangku cadangan, mencetak dua gol Belanda hancurkan juara Grup E Rumania.

Turki juga tampil mengesankan di babak 16 besar saat mereka menghadapi kuda hitam Euro 2024 Austria. Meskipun memuncaki grup yang berisi Belanda dan Prancis, tim asuhan Ralf Rangnick tidak mampu mengalahkan tim Turki yang kini telah memenangkan tiga dari empat pertandingan mereka di Jerman.

Dua gol dari bek tengah Merih Demiral dan penyelamatan gemilang di masa tambahan waktu dari Mert Gunok membantu mereka meraih kemenangan 2-1 melawan Austria.

Sabtu akan menjadi pertemuan pertama antara Oranje dan Turki di turnamen besar dan hanya pertandingan ke-15 secara keseluruhan. Belanda memiliki catatan yang sedikit lebih baik di pertandingan sebelumnya, dengan enam kemenangan dibanding empat kemenangan lawan mereka.

Ini dia 90 menit pratinjau Belanda vs Turki di perempat final Euro 2024.

Rekor Pertemuan Belanda vs Turki (Lima Pertandingan Terakhir)

Bentuk terkini (semua kompetisi)

Belanda

Turki

Rumania 0-3 Belanda – 02/07/24

Austria 1-2 Turki – 02/07/24

Belanda 2-3 Austria – 25/06/24

Republik Ceko 1-2 Turki – 26/06/24

Belanda 0-0 Prancis – 21/06/24

Turki 0-3 Portugal – 22/06/24

Polandia 1-2 Belanda – 16/06/24

Turki 3-1 Georgia – 18/06/24

Belanda 4-0 Islandia – 10/06/24

Polandia 2-1 Turki – 10/06/24

Negara

Saluran TV/siaran langsung

Britania Raya

ITV 1, ITVX, STV, Pemutar STV

Amerika Serikat

fuboTV, Sling, ViX, Fox Network, Aplikasi Fox Sports, foxsports.com

Kanada

CTV, Aplikasi CTV, TSN4, TVA Sports, TVA+

Donyel Malen

Malen mencetak dua gol pada pertandingan terakhir / Alex Livesey/GettyImages

Setelah mencetak dua gol dari bangku cadangan pada pertandingan terakhir, Malen memiliki peluang yang sangat bagus untuk menjadi starter melawan Turki. Bintang Borussia Dortmund itu akan tampil di sayap kanan, yang berarti Steven Bergwijn akan absen setelah secara mengejutkan masuk ke babak 16 besar.

Di tempat lain, Ronald Koeman tampaknya tidak akan melakukan perubahan apa pun. Denzel Dumfries kembali ke susunan pemain inti melawan Rumania dan akan mempertahankan tempatnya, tetapi ia hanya perlu satu kartu kuning lagi untuk absen di semifinal jika Belanda berhasil mencapai babak itu.

Malen juga tinggal selangkah lagi dari hukuman larangan bermain, begitu pula Jerdy Schouten dan Joey Veerman di lini tengah.

Prediksi susunan pemain Belanda vs Turki (4-3-2-1): Dihapus; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Ake; Schouten, Reijnders; Malen, Simons, Gakpo; Depay.

Orkun Kokcu

Orkun Kokcu diskors / Jonathan Moscrop/GettyImages

Memasuki pertandingan babak 16 besar melawan Austria, Turki memiliki sepuluh pemain yang hampir terkena sanksi larangan bertanding karena kartu kuning. Sayangnya, Orkun Kokcu yang impresif akan absen di perempat final setelah mendapat kartu kuning, begitu pula gelandang bertahan Ismail Yuksek.

Kabar baik bagi Turki adalah bintang Inter Hakan Calhanoglu akan kembali dari larangan satu pertandingan di lini tengah, dengan bek Samet Akaydin juga tersedia setelah skorsing. Namun, Vincenzo Montella masih memiliki delapan pemain lain yang akan absen di semifinal jika mereka mendapat peringatan, termasuk Arda Guler dan Kenan Yildiz.

Prediksi susunan pemain Turki vs Belanda (4-3-3): Gunok; Muldur, Demiral, Bardakci, Kadioglu; Ayhan, Calhanoglu, Ozcan; Yilmaz, Guler, Yildiz.

Setelah tertatih-tatih hingga babak 16 besar, Belanda menunjukkan apa yang mampu mereka lakukan saat melawan Rumania. Ya, itu memang Rumania, tetapi hal yang sama dapat dikatakan untuk Slowakia dan Slovenia, dengan Inggris dan Portugal yang kesulitan dalam pertandingan mereka masing-masing dengan tim-tim kecil tersebut.

Mereka menciptakan banyak peluang yang mengesankan dan dalam diri Gakpo dan Simons, mereka memiliki pemain yang benar-benar dapat mengubah permainan di sepertiga akhir. Mengingat Turki belum pernah mencatat clean sheet, itu bisa menjadi masalah.

Namun, tim asuhan Montella akan berjuang keras. Mereka berjuang keras hingga babak delapan besar dan tampil jauh lebih baik melawan Austria daripada Belanda selama babak penyisihan grup. Mereka juga memiliki pemain yang dapat mengubah permainan dalam diri Guler dan Yildiz.

Prediksi: Belanda 2-1 Turki

BACA BERITA, PRATINJAU & RATING PEMAIN EURO 2024 TERBARU