Bahas Persaingan Grup D Piala Asia 2023, Kapten Irak Tak Anggap Timnas Indonesia Ada – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Penjaga gawang andalan sekaligus kapten Timnas Irak, Jalal Hassan, memang meremehkan kehadiran Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Sang kiper tak menganggap skuad Garuda sebagai lawan yang patut diperhitungkan.

Timnas Irak tergabung di Grup D Piala Asia 2023 bersama timnas Indonesia, Jepang, dan Vietnam.

Saat memprediksi persaingan di Grup D, Jalal Hassan sama sekali tidak menyebut timnas Indonesia.

Pemain Timnas Indonesia. [dok. PSSI]

Penjaga gawang berusia 32 tahun yang bermain untuk klub Liga Premier Irak Al Zawraa hanya mewaspadai Jepang dan Vietnam.

Jalal Hassan menyebut Jepang salah satu favorit juara Piala Asia 2023. Sementara itu, ia menyebut Vietnam sebagai tim yang berkembang pesat, tidak hanya di Asia Tenggara tapi di Asia.

“Irak berada di grup yang sulit karena berisi kandidat juara pertama yaitu Timnas Jepang. Ada juga Timnas Vietnam yang sekarang sudah sangat maju di Asia,” kata Jalal Hassan kepada media lokal Irak, Winwin, Jumat (5/1/2024).

“Saya kira Jepang akan melangkah jauh di turnamen ini, tidak diragukan lagi. Itu karena kekuatan para pemain yang bermain di Eropa,” ujarnya.

Soal peluang Irak melaju ke fase gugur, Jalal Hassan sendiri cukup yakin tim berjuluk Singa Mesopotamia bisa lolos ke babak 16 besar grup D.

“Untuk Timnas Irak, saya juga yakin kita adalah kandidat. Lolos ke babak selanjutnya meski peluang semua tim sama,” kata Jalal Hassan.

Komentar Jalal Hassan seolah meremehkan Timnas Indonesia. Apalagi, lawan pertama tim Mesopotamia di Grup D tak lain adalah skuad Garuda yang laganya akan dihelat pada 15 Januari 2024 di Stadion Ahmed bin Ali Kota Al Rayyan, Qatar.

Namun jika dicermati lebih jauh, sebenarnya tidak ada yang salah dengan komentar Jalal Hassan terkait Timnas Indonesia. Di atas kertas, skuad Garuda tentu menjadi yang terlemah di Grup D Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia menempati peringkat FIFA terendah yakni 146. Sementara Jepang di peringkat 17, Irak di peringkat 63, dan Vietnam di peringkat 94.

Timnas senior Indonesia sudah merasakan kekuatan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Grup F Asia pada 16 November 2023.

Laga Timnas Indonesia Vs Irak di Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)
Laga Timnas Indonesia kontra tuan rumah Irak di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026. (dok, PSSI)

Setibanya di Basra International Stadium, Timnas Indonesia yang dipimpin pelatih Shin Tae-yong dikalahkan tuan rumah Irak dengan skor 1-5.