Asal Usul Piala Indonesia yang Kembali Dinantikan Klub Liga 1 Indonesia di Tahun 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Piala Indonesia kini kembali ramai dibicarakan setelah absen sejak 2018. Kini nasib Piala Indonesia masih belum pasti. Inilah asal usul Piala Indonesia.

Turnamen tersebut sebenarnya telah berusia 37 tahun sejak pertama kali diadakan pada tahun 1985, saat digelar dengan nama Piala Liga.

Itu berlangsung hingga tahun 1989 dan kembali mengalami perubahan pada tahun 1992, ketika Piala Indonesia diselenggarakan dengan nama Piala Galatama.

Memasuki tahun 2005, kompetisi ini berganti nama menjadi Copa Indonesia dan berlangsung hingga tahun 2010 sebelum kembali ke Piala Indonesia.

Dualisme kepengurusan PSSI pada 2012 tak membuat kompetisi ini tuntas, tetap digelar dengan hanya klub-klub LPI yang boleh ikut.

Persibo Bojonegoro keluar sebagai juara dan mewakili Indonesia di Piala AFC 2013, trofi juara nampaknya silih berganti dengan jumlah juara yang lahir.

Krama Yudha Tiga Berlian dan Sriwijaya FC menjadi klub yang paling sukses di ajang ini dengan masing-masing tiga gelar.

Sedangkan pada edisi lalu, PSM Makassar berhasil menjadi juara usai mengalahkan Persija Jakarta pada musim 2018-2019.

Peluang terselenggaranya Piala Indonesia baru sampai pada tahap pembahasan, sebuah kompetisi yang sejatinya mempertemukan tim-tim dari tiga kasta berbeda.

Terakhir diadakan pada tahun 2018, saat PSM Makassar keluar sebagai juara dan sejak saat itu kompetisi ini mati suri.