Apa yang dibutuhkan setiap negara untuk lolos pada hari pertandingan grup terakhir

by

Itu Euro 2024 babak penyisihan grup kini telah mencapai masa kritis.

Meskipun beberapa negara telah memastikan tempat mereka di babak sistem gugur, sebagian besar tim masih menunggu konfirmasi lolos ke babak 16 besar.

Bagi sebagian orang, mencapai babak KO tampak mudah, namun bagi sebagian lainnya, ini akan menjadi hari pertandingan terakhir yang sangat melelahkan dan penuh dengan ketegangan, rasa gentar, dan drama. Ini menjanjikan minggu yang menarik.

Inilah yang perlu dicapai setiap negara di pertandingan terakhirnya untuk mencapai babak sistem gugur Euro 2024.

Scott McTominay

Skotlandia masih bisa mencapai babak 16 besar / Image Photo Agency/GettyImages

Tim

Dimainkan

Perbedaan gol

Poin

Jerman

2

+6

6

Swiss

2

+2

4

Skotlandia

2

-4

1

Hungaria

2

-4

0

Jerman: Tuan rumah turnamen telah memastikan tempat mereka di babak 16 besar setelah kemenangan atas Skotlandia dan Hongaria. Mereka akan finis di dua besar terlepas dari hasil pertandingan terakhir mereka, namun mengalahkan Swiss berarti mereka memuncaki Grup A.

Swiss: Jika Swiss berhasil meraih satu poin pun melawan Jerman, mereka dijamin finis kedua, dan posisi itu juga dijamin jika Skotlandia gagal menang dalam pertandingan mereka. Jika mereka kalah dan Skotlandia menang maka posisi kedua akan ditentukan berdasarkan selisih gol, namun kemenangan bagi Swiss akan membuat mereka memuncaki Grup A.

Skotlandia: Tentara Tartan secara realistis perlu memenangkan pertandingan terakhir mereka untuk lolos ke babak 16 besar dan akan menyelesaikan Grup A dengan empat poin jika mereka bisa mengalahkan Hongaria. Namun, selisih gol mereka yang buruk membuat finis di posisi kedua tidak mungkin terjadi. Kekalahan mengakhiri perjalanan Skotlandia di Euro 2024.

Hungaria: Meski kalah di kedua pertandingan grup, Hongaria masih menyimpan harapan tipis untuk mencapai babak sistem gugur. Namun, mereka hanya bisa finis sebagai salah satu dari mereka tim peringkat ketiga dengan performa terbaik dan harus mengalahkan Skotlandia untuk mendapatkan peluang melakukan hal itu.

Luka Modric

Modric dan Kroasia membutuhkan hasil besar di pertandingan terakhir grup mereka / Pixsell/MB Media/GettyImages

Tim

Dimainkan

Perbedaan gol

Poin

Spanyol

2

+4

6

Italia

2

0

3

Albania

2

-1

1

Kroasia

2

-3

1

Spanyol: Setelah memenangkan dua pertandingan pembuka tanpa kebobolan, Spanyol memuncaki grup. Tidak ada yang bisa mengubahnya sekarang.

Italia: Sang juara bertahan akan finis sebagai runner-up jika mengalahkan Kroasia atau bermain imbang di laga terakhirnya. Namun Italia akan tersingkir dari kompetisi tersebut jika kalah dari Kroasia dan Albania mengalahkan Spanyol.

Albania: Tim dengan peringkat terbawah kedua di turnamen ini masih bisa finis kedua di Grup B, namun mereka harus mengalahkan Spanyol dan Kroasia untuk mengalahkan Italia, sekaligus memperbaiki selisih gol Kroasia – atau gol yang dicetak jika selisih gol sama. Albania tidak akan mencapai babak 16 besar jika kalah dan hasil imbang sepertinya tidak akan cukup.

Kroasia: Jika Albania gagal mengalahkan Spanyol dan Kroasia bisa mengalahkan Italia, mereka akan finis kedua di Grup B. Namun, jika Kroasia bermain imbang dan Albania berhasil mendapatkan satu poin atau lebih, atau kalah, mereka akan tersingkir dari kompetisi.

Harry Kane, Jude Bellingham

Diperlukan perbaikan dari Inggris / Richard Sellers/Allstar/GettyImages

Tim

Dimainkan

Perbedaan gol

Poin

Inggris

2

+1

4

Denmark

2

0

2

Slovenia

2

0

2

Serbia

2

-1

1

Inggris: Jika The Three Lions terhindar dari kekalahan dari Slovenia dan Denmark tidak mengalahkan Serbia, mereka akan mencapai babak 16 besar. Inggris akan memuncaki grup dengan kemenangan atau jika mereka seri dan menyelesaikan grup dengan selisih gol lebih besar dari tim yang berada di urutan kedua.

Denmark: Jika Denmark mengalahkan Serbia di pertandingan terakhirnya, mereka akan mencapai babak 16 besar. Mereka bisa memuncaki grup jika mengalahkan Serbia dan Inggris bermain imbang dengan Slovenia – asalkan mereka memiliki selisih gol yang lebih unggul. Namun, jika Slovenia terhindar dari kekalahan melawan Inggris dan Denmark kalah dari Serbia, mereka akan tersingkir.

Slovenia: Kemenangan akan menjamin tempat Slovenia di babak 16 besar setelah bermain imbang berturut-turut sejauh ini dan mereka bahkan akan memuncaki grup jika menang dan Denmark gagal menang melawan Serbia. Jika Slovenia dan Denmark sama-sama menang, maka posisi mereka di peringkat pertama dan kedua akan ditentukan oleh selisih gol.

Serbia: Serbia pasti bisa mencapai babak 16 besar jika mengalahkan Denmark dan Slovenia tidak mengalahkan Inggris, namun mereka akan tersingkir jika kalah – atau jika seri dan Slovenia tidak kalah.

UEFA EURO 2024 JermanSesi latihan Perancis

Prancis asuhan Mbappe akan lolos / ANP/GettyImages

Tim

Dimainkan

Perbedaan gol

Poin

Belanda

2

+1

4

Perancis

2

+1

4

Austria

2

+1

3

Polandia

2

-3

0

Belanda: Kemenangan atau hasil imbang dengan Austria akan memastikan Belanda lolos ke babak 16 besar dan mereka akan menjadi juara grup jika mereka mengalahkan Austria dan Prancis gagal mengalahkan Polandia. Belanda dan Prancis akan dibagi berdasarkan selisih gol dan kemudian gol yang dicetak jika mereka berdua memenangkan pertandingan terakhirnya.

Perancis: Hasil imbang akan cukup untuk mengamankan posisi dua besar bagi Prancis jika Austria mengalahkan atau bermain imbang dengan Belanda. Kemenangan akan menjamin lolosnya Belanda ke babak 16 besar dan mereka akan memuncaki grup jika mereka lebih baik dalam perolehan poin atau selisih gol dari Belanda.

Austria: Jika Austria mengalahkan Belanda, maka mereka akan finis di dua besar. Mereka akan memuncaki grup dengan kemenangan jika Prancis gagal mengalahkan Polandia. Jika Austria bermain imbang dan Prancis kalah, maka mereka akan finis di peringkat ketiga setelah kalah dari Prancis di laga pembuka.

Polandia: Tidak mungkin Polandia bisa mencapai babak 16 besar sekarang.

Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne

Belgia masih memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan / Stu Forster/GettyImages

Tim

Dimainkan

Perbedaan gol

Poin

Rumania

2

+1

3

Belgium

2

+1

3

Slowakia

2

0

3

Ukraina

2

-2

3

Rumania: Dengan keempat tim di Grup E terkunci dengan tiga poin, Rumania akan menjamin tempat mereka di dua besar dengan menghindari kekalahan dari Slovakia. Mereka akan memenangkan grup dengan kemenangan jika Belgia tidak mengalahkan Ukraina. Jika dua kali seri, Rumania akan memuncaki klasemen jika mereka mencetak lebih banyak gol dalam pertandingan tersebut dibandingkan Setan Merah. Mereka akan keluar dari kompetisi dengan kekalahan dan jika Ukraina terhindar dari kekalahan.

Belgium: Setelah melupakan kekalahan mengejutkan dari Slovakia, Belgia tahu bahwa mereka akan memastikan tempat kualifikasi otomatis jika mereka menghindari kekalahan dari Ukraina. Namun, Setan Merah masih bisa tersingkir jika kalah dan Rumania terhindar dari kekalahan.

Slowakia: Slovakia bisa finis di dua besar jika menang atas Slovakia dan akan finis ketiga jika seri, yang hampir pasti cukup untuk lolos.

Ukraina: Posisi teratas juga masih terbuka bagi Ukraina yang bisa merebut posisi tersebut dengan mengalahkan Belgia dan Rumania gagal mengalahkan Slovakia.

Cristiano Ronaldo, Joao Cancelo

Portugal selamat melewati / Etsuo Hara/GettyImages

Tim

Dimainkan

Perbedaan gol

Poin

Portugal

2

+4

6

Turki

2

-1

3

Ceko

2

-1

1

Georgia

2

-2

1

Portugal: Menyusul dua kemenangan atas Ceko dan Turki, Portugal lolos dengan aman ke babak 16 besar dan dapat merotasi dan mengistirahatkan pemain dalam pertandingan terakhir Grup F melawan Georgia.

Turki: Bergabung dengan Selecao adalah Turki jika mereka menghindari kekalahan dari Ceko. Namun, jika kalah dan Georgia mengejutkan Portugal, Arda Guler dan kawan-kawan akan tersingkir dari kompetisi.

Ceko: Czechia bisa merombak Turki dengan kemenangan untuk merebut tempat kedua. Namun, jika Georgia juga mengalahkan Portugal, kedua negara harus dipisahkan di peringkat kedua dan ketiga berdasarkan selisih gol, gol yang dicetak, poin disiplin, dan peringkat kualifikasi Eropa.

Georgia: Georgia mempunyai tugas terberat mengingat mereka harus mengalahkan Portugal. Mereka harus mencatatkan kemenangan dan merombak Czechia dengan ketentuan yang telah diuraikan di atas, namun tidak akan mencapai babak 16 besar jika kalah atau jika seri dan Czechia terhindar dari kekalahan.

BACA BERITA, PRATINJAU & PERINGKAT PEMAIN EURO 2024 TERBARU