Anomali Sandy Walsh, Jadi Bek tapi Paling Sering Ancam Gawang Vietnam di Babak I Piala Asia 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Sandy Walsh akhirnya mendapatkan start pertamanya di Piala Asia 2023 saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada laga hari kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024).

Baru tampil di menit-menit akhir melawan Irak, Senin (15/1/2024), Sandy Walsh mendapat kepercayaan dari pelatih Shin Tae-yong untuk mengendalikan lini belakang Garuda.

Sandy Walsh tak menyia-nyiakan kesempatan tampil sebagai starter. Meski diposisikan sebagai bek tengah, pemain KV Mechelen lah yang paling sering mengancam gawang lawan.

Sandy Walsh sangat bergaya sehingga dia menjadi anomali dalam dirinya sendiri. Pasalnya, meski di atas kertas berposisi sebagai bek tengah, ia tercatat mampu melepaskan tiga tembakan di babak pertama.

Tingginya aspek serangan Sandy tak lepas dari skema yang diterapkan Shin Tae-yong. Timnas Indonesia terlihat menggunakan formasi hybrid.

Saat bertahan, Timnas Indonesia menggunakan formasi 5-4-1, namun saat menyerang, salah satu dari tiga bek tengah diperbolehkan naik untuk membantu serangan.

Sandy sepertinya sudah mendapat lisensi dari Shin Tae-yong untuk menjadi salah satu bek tengah yang bisa menanjak tinggi. Selain di sektor lini tengah, ia juga kerap melaju ke lini depan.

Tercatat Sandy melepaskan dua tembakan di depan kotak penalti lewat aksi overlapnya. Sementara peluang lainnya didapat lewat sundulan jitu.

Timnas Indonesia menerima tendangan sudut. Marcelino Ferdinand selaku penendang kemudian memberikan bola kepada Justin Hubner.

Hubner dengan tenang melepaskan umpan panjang ke kotak penalti. Sandy Walsh yang berada dalam keadaan bebas kemudian melepaskan sundulan yang sayangnya masih bisa diselamatkan kiper Filip Nguyen.

Timnas Indonesia berhasil unggul 1-0 di babak pertama. Gol tersebut tercipta melalui tendangan penalti setelah Rafael Struick dilanggar di kotak penalti pada menit ke-40.

Asnawi Mangkualam selaku eksekutor kemudian berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Gol Indonesia tercatat tercipta pada menit ke-42.

Saat berita ini diturunkan, duel Timnas Indonesia vs Vietnam sudah memasuki jeda. Skuad Garuda untuk sementara memimpin 1-0.