Alisson menjelaskan perbedaan antara taktik Arne Slot & Jurgen Klopp

by

Kiper Liverpool Alisson Becker menjelaskan ada fokus lebih besar pada umpan pendek dan membangun permainan dari belakang di bawah asuhan Arne Slot daripada pendahulunya Jurgen Klopp.

Klopp dikenal dengan ‘heavy metal football’-nya, yang biasa dijuluki menekan tanpa tekananyang sebelumnya juga menjadi pilar kesuksesannya di bekas klub Borussia Dortmund. Slot kini tampak lebih setia pada asal-usulnya di Belanda, dengan menerapkan sistem yang mengharuskan posisi awal yang lebih dalam.

“Dari semua hal yang dia [Slot] bertanya, itu tidak banyak berubah karena pada akhirnya di lapangan itu keputusan kami,” jelas Alisson, melalui LiverpoolFC.com.

“Kami harus membaca permainan, kami harus memahami di mana kami bisa bermain, di mana kami tidak bisa – terkadang mengambil risiko tetapi dengan risiko yang diperhitungkan, tidak membuat kesalahan konyol tetapi selalu berusaha untuk bermain.”

Ia melanjutkan: “Arne adalah manajer yang suka menciptakan peluang dari belakang dengan umpan-umpan pendek untuk menciptakan ruang di mana kami dapat menyakiti lawan.

“Bagi saya, tidak banyak yang berubah, tetapi bagi tim, formasinya sedikit berubah. Namun, bagi saya, ini hebat – saya memiliki lebih banyak pemain yang bisa bermain bersama dan lebih dekat dengan saya.

“Jika kami dapat melakukannya secara konsisten, jika kami dapat melakukannya di setiap pertandingan, dengan cara yang intens, bertahan dengan sangat baik, dan kompak, saya rasa kami dapat meraih hal-hal hebat musim ini.”

Arne Slot

Arne Slot sejauh ini tampil mengesankan sebagai penerus Jurgen Klopp / Julian Finney/GettyImages

Slot telah mendapatkan pujian atas cara Liverpool memenangkan pertandingan pembukaan Liga Primer mereka melawan Ipswich Town yang baru dipromosikan akhir pekan lalu, mengidentifikasi masalah dengan babak pertama yang kurang bersemangat dan dengan cepat menerima bahwa perubahan dan penyesuaian diperlukan untuk mendapatkan lebih banyak dari timnya.

Hal ini juga merupakan sebuah dorongan bahwa kemenangan 2-0 didukung oleh clean sheet.

Liverpool dengan nyaman memiliki rekor pertahanan terbaik ketiga di Liga Primer musim lalu, tetapi hanya berhasil mencatat sepuluh clean sheet dalam 38 pertandingan. Kekalahan telak mereka melawan Wolves pada hari terakhir hanya yang kedua dalam 17 pertandingan liga yang dimainkan sejak akhir Januari.

“Ini pesan yang jelas dari manajer. Ia ingin kami meraih lebih banyak clean sheet,” kata Alisson.

“Ia memahami pentingnya menjaga gawang tetap bersih, memiliki tim yang mampu bertahan dengan sangat baik, solid, kompak, dan konsisten. Ini akan membawa kami melewati musim ini dan juga akan memenangkan pertandingan.

“Kami tahu kualitas menyerang yang kami miliki. Jadi, jika kami dapat bertahan dengan cara yang sama seperti kami menyerang, jika kami dapat bermain sebaik itu, itu akan sangat bagus bagi kami musim ini untuk mencapai tujuan kami.”

BACA BERITA LIVERPOOL TERBARU, RUMOR TRANSFER & GOSSIP