Alasan Yordania vs Bahrain dan Kirgistan vs Oman Jadi Penentu Timnas Indonesia ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pada babak final penyisihan grup Piala Asia 2023, empat laga seru akan berlangsung hari ini, Kamis, 25 Januari 2024. Informasi lengkap mengenai jadwal pertandingan bisa Anda temukan di akhir artikel ini.

Pertarungan sengit akan terjadi di Grup E, dimana Korea Selatan akan menghadapi Malaysia pada pukul 18.30 WIB.

Sedangkan Yordania akan menghadapi Bahrain di waktu yang bersamaan. Di Grup F, laga seru antara Arab Saudi dan Thailand akan dimulai pukul 22.00 WIB, sedangkan Kyrgyzstan akan melawan Oman di waktu yang sama.

BACA JUGA: Momen kesalahan Jordi begitu besar hingga Timnas Indonesia dikalahkan Jepang di Piala Asia 2023

Dua laga krusial Grup E hari ini yakni Korea Selatan vs Malaysia dan Yordania vs Bahrain berdampak besar bagi nasib timnas Indonesia untuk meraih tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Di Grup F, fokusnya adalah pertarungan sengit antara Arab Saudi dan Thailand serta Kyrgyzstan dan Oman.

Timnas Indonesia masih berpeluang besar melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 lewat peringkat ketiga terbaik.

Saat ini, dua tim yang memastikan tempat adalah Suriah dari Grup B dan Palestina dari Grup C, keduanya memiliki empat poin. Dengan demikian, Timnas Indonesia berpeluang merebut satu dari dua slot tersisa.

BACA JUGA: Kontrak Shin Tae-yong Tak Diperbarui Usai Timnas Indonesia Dikalahkan Jepang? Demikian disampaikan Exco PSSI

Perhitungan rumit menyebutkan, untuk memastikan lolos ke babak selanjutnya, Timnas Indonesia membutuhkan Jordan yang menang dengan selisih tiga gol melawan Bahrain, dan di saat yang sama, pertandingan lain antara Oman dan Kyrgyzstan harus berakhir imbang.

Dengan begitu, harapannya bertumpu pada hasil pertandingan yang seimbang dan kemenangan besar untuk melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Nantikan terus update untuk melihat perkembangan terkini dan hasil laga penentu hari ini.

Hitung peluang Timnas Indonesia

Meski disingkirkan Jepang, Timnas Indonesia masih berpeluang melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 alias mencatatkan sejarah pertama kali tampil di fase tersebut.

Secara matematis, posisi Timnas Indonesia masih bisa tergeser oleh dua tim grup F yakni Oman dan Kyrgyzstan yang akan bertemu di hari laga terakhirnya.

Oman saat ini berada di urutan keenam tiga besar dengan satu poin, total 1 gol, dan selisih gol -1.

Sedangkan Kyrgyzstan saat ini duduk di posisi terbawah Grup F dengan poin nihil, nihil gol, dan selisih gol -4.

Namun selain bergantung pada hasil kedua tim tersebut, nasib Timnas Indonesia juga bisa dipengaruhi oleh laga final Grup E antara Bahrain vs Yordania.

Bahrain saat ini berada di peringkat ketiga dalam peringkat tiga besar. Mereka mempunyai poin yang sama dengan Timnas Indonesia namun lebih unggul dengan selisih gol (-1).

Melihat peta persaingan perebutan posisi ketiga terbaik, setidaknya ada tiga skenario Timnas Indonesia lolos ke 16 besar grup.

Pertama, laga Oman melawan Kyrgyzstan berakhir imbang. Hasil ini membuat kedua negara hanya mengoleksi dua dan satu poin sehingga sulit menyalip Timnas Indonesia di posisi tiga besar.

Kedua, Kyrgyzstan berhasil menang melawan Oman namun tim berjuluk The White Falcons tidak mencetak gol lebih dari satu.

Sedangkan skenario ketiga adalah Bahrain dikalahkan oleh Yordania dengan skor 0-2 atau lebih. Jika mampu mencetak gol, Bahrain harus kalah dengan selisih minimal tiga gol.