Alasan Asnawi Mangkualam Putuskan Berkarier di Korea Selatan, Bukan Karena Gaji Tapi….. – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam membeberkan alasan dirinya memilih bekerja di Korea Selatan ketimbang Indonesia. Gaji kecil tak menjadi masalah bagi Asnawi.

Seperti diketahui, pilar bek kanan Shin Tae-yong kini membela klub Jeonnam Dragons. Sebelumnya, ia bermain untuk klub asal Korea Selatan, Ansan Greeneers.

Keputusan Asnawi Mangkualam memilih berkarir di Korea Selatan bukan tanpa alasan.

Ia mengaku ingin memanfaatkan kesempatan langka meski mendapat gaji lebih kecil dibandingkan di Indonesia.

“Saya dapat tawaran, kenapa tidak? Karena dari kecil saya bermimpi bermain di luar negeri. Memang saya terlambat mendapat kesempatan. Saya langsung ambil saja. Saya tidak memikirkan gajinya,” kata Asnawi, dikutip. oleh Youtube Sport77 Resmi.

Keputusan Asnawi melanjutkan karir di Korea Selatan ternyata sempat diperdebatkan oleh orang tuanya.

Namun akhirnya sang ayah mengalah dan mengizinkan Asnawi melanjutkan karirnya di Negeri Ginseng.

Profil dan Biodata Asnawi Mangkualam (Instagram/@pssi)

Asnawi Mangkualam bergabung dengan klub asal Korea Selatan itu sejak awal tahun 2021. Sebelumnya ia berada di PSM Makassar.

Kemudian pada awal Januari 2023, ia ditawari bermain di klub rivalnya, Jeonnam Dragons. Dan dia setuju.

Kini, dia menjadi pilar utama pelatih Jeonnam Dragons. Pemain berusia 23 tahun itu memberikan nasehat kepada para pemain muda Indonesia agar tidak ragu bermain di luar negeri.

“Kalau mereka bisa keluar. Karena pengalaman di sana berbeda dengan lingkungan. Di Indonesia kita bisa dapat apa saja. Sedangkan di luar kita harus menjaga diri,” pungkas kapten Timnas Indonesia itu.