6 pemain yang paling bersinar di Grup D Euro 2024

by

Saat pengundian grup Euro 2024, tidak banyak yang memperkirakan Austria akan memuncaki Grup D mengungguli Prancis dan Belanda.

Setelah hari pertandingan terakhir yang luar biasa dan dramatis di grup yang diperebutkan dengan sengit, tim asuhan Ralf Rangnick memenuhi tag mereka sebagai kuda hitam dengan kemenangan melawan Belanda dan Polandia. Meskipun Prancis dan Belanda berhasil mencapai babak sistem gugur, mereka harus puas masing-masing di posisi kedua dan ketiga, setelah berjuang untuk keluar dari posisi kedua.

Meskipun tidak semua pertandingan di Grup D berlangsung seru, ada banyak momen ajaib dari beberapa bintang sensasional. Ya, kecuali Polandia, yang cukup buruk seperti yang diharapkan.

Berikut enam pemain yang paling bersinar di Grup D.

Nicolas Seiwald

Nicolas Seiwald menarik perhatian di lini tengah / Alex Livesey/GettyImages

Austria adalah tim kejutan di Grup D. Intensitas dan energi mereka terbukti menyulitkan lawan mereka, dengan pendekatan beroktan tinggi Rangnick tentu menjadikan mereka tim yang paling menyenangkan untuk ditonton. Euro 2024 sejauh ini. Salah satu alasan penampilan luar biasa mereka adalah Nicolas Seiwald.

Pemain RB Leipzig ini menjadi jangkar Austria di lini tengah dan tidak melakukan kesalahan dalam tiga penampilan mengesankan. Dia mengatur suasana di ruang mesin dan menutupi setiap helai rumput, tetapi juga berhasil menciptakan enam peluang di Grup D – terbanyak di antara rekan satu timnya.

Setelah bermain setiap menit di setiap pertandingan, ia terbukti sangat diperlukan di lini tengah yang rajin, bermitra dengan Florian Grillitsch secara efektif di lini tengah dalam formasi 4-2-3-1.

Cody Gakpo

Cody Gakpo mencetak dua gol untuk Belanda / BSR Agency/GettyImages

Cody Gakpo tentu saja telah menunjukkan performa terbaiknya di akhir musim Liverpool menuju Euro 2024. Dia mencetak dua gol dan satu assist dalam tiga pertandingan terakhirnya di Liga Premier untuk The Reds dan melanjutkan performa bagusnya dalam mencetak gol di Grup D, mencetak gol ke gawang Polandia dan Austria.

Dengan dua serangan serupa setelah memotong dari sisi kiri, Gakpo telah menunjukkan kepada bos baru Liverpool Arne Slot bahwa posisi terbaiknya adalah di sayap. Dia berani dalam penguasaan bola, terus-menerus menghadapi bek sayapnya, dan memimpin dalam menciptakan peluang (delapan) dan peluang besar (dua) untuk Oranje.

Dia pantas mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Pertandingan atas penampilannya yang luar biasa melawan Polandia dan telah menjadi ancaman paling mematikan bagi Belanda.

Mike Maignan

Mike Maignan terkesan untuk Prancis / Lars Baron/GettyImages

Dengan Perancis setelah tampil mengecewakan di Euro 2024 hingga saat ini dan hanya mencetak dua gol – gol bunuh diri dan penalti – pertahanan mereka menjadi yang tertinggi. William Saliba tampil mengesankan, begitu pula Jules Kounde di bek kanan, tetapi Mike Maignan secara mengejutkan sibuk di Grup D.

Penjaga gawang Milan ini melakukan beberapa penyelamatan bagus saat clean sheet melawan Austria dan Belanda, dan kehadirannya yang dominan di dalam kotak penaltinya sendiri terbukti signifikan. Dia rata-rata melakukan tiga penyelamatan per pertandingan sejauh ini, menyelamatkan 90% tembakan tepat sasaran yang kebobolan Prancis.

Maignan juga menyelamatkan penalti saat melawan Polandia, meski sang kiper sedikit keluar dari garis gawangnya saat tendangan penalti Robert Lewandowski dilakukan. Sialnya bagi Prancis, ia tak mampu membendung penyerang Barcelona itu ketika tendangannya direbut kembali.

Marcel Sabitzer

Marcel Sabitzer membintangi Austria / Christina Pahnke – sampics/GettyImages

Sempat mengalami patah hati di final Liga Champions bersama Borussia Dortmund pada akhir musim 2023/24, Marcel Sabitzer bangkit kembali dengan gemilang. Di tim Austria yang tak kenal lelah, energinya bersama sesama bintang Bundesliga Seiwald dan Konrad Laimer di lini tengah menjadi kuncinya.

Diminta untuk bermain di posisi yang lebih maju oleh Rangnick, sering kali bergerak ke area yang lebih luas, Sabitzer telah menjadi ancaman box-to-box. Dia mempunyai rata-rata tembakan lebih banyak dibandingkan rekan-rekan setimnya, mencetak gol dengan tendangan akhir yang indah melawan Belanda yang memenangkan Grup D untuk Austria.

Seperti yang dilakukannya hampir sepanjang musim bersama Dortmund, Sabitzer tampil impresif di Jerman.

N'Golo Kante

N’Golo Kante melanjutkan dari bagian terakhirnya / Eurasia Sport Images/GettyImages

Masuknya N’Golo Kante ke skuad Prancis untuk Euro 2024 memang menimbulkan banyak pertanyaan. Kini bermain di Liga Pro Saudi, mantan gelandang Leicester dan Chelsea ini berusia 33 tahun dan tidak lagi menguji dirinya melawan tim elit Eropa. Bisakah pemain Prancis itu tetap tampil di level tertinggi?

Nah, Kante memberikan tanggapan tegas terhadap siapa pun yang ragu. Pemain Terbaik Pertandingan dalam kemenangan 1-0 atas Austria dengan penampilan klasik Kante, pemain Al Ittihad ini juga mengumpulkan penghargaan dalam pertandingan turnamen kedua Prancis melawan Belanda. Itu adalah penampilan tak henti-hentinya dari gelandang yang tak kenal lelah itu.

Bar Kylian Mbappe, Kante kini mungkin saja menjadi nama pertama di daftar tim Didier Deschamps.

Polandia v Austria: Grup D - UEFA EURO 2024

Christoph Baumgartner bersinar paling terang melawan Polandia / Maryam Majd/GettyImages

Dengan Prancis dan Belanda gagal meyakinkan di Grup D, Austria tampil menonjol. Salah satu yang bersinar di antara kelompok Rangnick adalah Christoph Baumgartner.

Salah satu pemain Bundesliga Austria lainnya, Baumgartner sangat efektif dalam kemenangan 3-1 timnya atas Polandia. Gelandang RB Leipzig itu mencetak gol indah untuk melengkapi skor dalam pertandingan itu, sambil menambahkan satu assist pada gol penentu kemenangan Sabitzer melawan Belanda dengan umpan apik melewati lini belakang.

Bermain tepat di belakang penyerang tengah, kecepatan dan keterusterangannya telah menyebabkan banyak masalah bagi bek lawan.

BACA BERITA, PRATINJAU & PERINGKAT PEMAIN EURO 2024 TERBARU