6 pemain WSL paling berkembang pada 2023/24

by

Musim WSL 2023/24 menampilkan banyak bintang muda yang naik ke level baru, serta sejumlah pemain yang lebih berpengalaman dan mapan menghidupkan kembali karier mereka.

Chelsea dinobatkan WSL juara untuk kampanye kelima berturut-turut sebagai Manchester Kota nyaris ketinggalan. Liverpool meraih finis empat besar dengan mengalahkan Manchester United dan Bristol City adalah tim yang mengalami penurunan setelah hanya satu musim kembali ke papan atas.

Khadija Shaw dari City mendapatkan sepatu emas sementara rekan setimnya Lauren Hemp mencatatkan assist terbanyak.

Selain penghargaan besar, 90 menit melihat enam pemain paling berkembang di WSL musim lalu.

Hana Hampton

Kiper Chelsea Hannah Hampton / Visionhaus/GettyImages

Kiper Hannah Hampton menikmati peningkatan yang stabil setelah bermain di Birmingham City dan Aston Villa. Dia adalah bagian dari skuad Inggris yang memenangkan Euro 2022, tetapi pada tahun berikutnya, dia tiba-tiba kehilangan tempatnya di tim Lionesses.

Hampton bergabung dengan juara WSL Chelsea pada musim panas 2023. Itu adalah langkah yang tidak sepenuhnya masuk akal mengingat tingkat persaingan untuk mendapatkan tempat di klub London tersebut.

Namun, setelah awal yang lambat, ia segera membuat kemajuan dalam perebutan nomor punggung satu dengan Zecira Musovic. Hampton akhirnya menjadi starter di kedua leg semifinal Liga Champions Wanita melawan Barcelona dan memaksanya kembali ke tim Inggris dalam prosesnya.

Khiara Keating

Kiper Manchester City Khiara Keating / Visionhaus/GettyImages

Penjaga gawang lain yang membuat kemajuan luar biasa musim lalu adalah Khiara Keating yang berusia 19 tahun. Setelah menghabiskan paruh kedua musim 2022/23 dengan status pinjaman di Championship, ia dengan cepat menjadi pilihan pertama Manchester City, terlepas dari usianya.

Anak muda ini memainkan peran penting dalam tantangan gelar City dan bahkan mendapat panggilan tim senior Inggris pertamanya. Di akhir musim, ia menjadi pemenang Sarung Tangan Emas termuda dalam sejarah WSL dengan sembilan clean sheet sepanjang musim.

Laura Blindkilde Brown

Laura Blindkilde Brown bergabung dengan Manchester City dari Aston Villa pada Januari / James Baylis – AMA/GettyImages

Laura Blindkilde Brown yang berusia 20 tahun dengan cepat memantapkan dirinya sebagai salah satu pemain kunci Aston Villa selama musim ini. Setelah meningkatkan menit bermainnya pada musim 2022/23, musim lalu merupakan musim yang penuh terobosan bagi gelandang muda tersebut.

Penampilannya di Villa membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk menggantikan Jill Roord yang cedera di Manchester City pada bulan Januari. Setelah menyelesaikan perpindahannya ke utara pada jendela transfer musim dingin, ia membantu menjaga harapan gelar tim tetap hidup saat mereka mendorong juara bertahan Chelsea hingga hari terakhir.

Rahmat Clinton

Grace Clinton beraksi dari Tottenham / Richard Heathcote/GettyImages

Sepanjang musim 2023/24, gelandang Grace Clinton benar-benar membuktikan dirinya sebagai salah satu talenta cemerlang Inggris yang sedang naik daun. Dia masih belum pernah tampil untuk Manchester United, tetapi jelas setelah setengah musim dipinjamkan ke Bristol City pada tahun 2023, pemain muda ini membutuhkan tes WSL.

Mantan talenta Everton itu bergabung dengan Tottenham Hotspur dengan status pinjaman musim panas lalu dan dengan cepat menjadi salah satu pemain paling integral di bawah kepemimpinan Robert Vilahamn yang bangkit kembali. Sedemikian rupa sehingga ketidakhadirannya sangat terasa dalam kekalahan di final Piala FA pada bulan Mei ketika ia tidak bisa menghadapi klub induknya.

Kini Clinton juga menjadi pemain internasional senior Inggris, mencetak gol pada debutnya pada bulan Februari, dan dapat dipahami bahwa Clinton diinginkan secara permanen oleh Spurs tapi secara mengejutkan United akan mempertahankannya.

Marta Thomas

Martha Thomas melakukan selebrasi setelah mencetak gol untuk Tottenham / Paul Harding/GettyImages

Pemain lain yang kesulitan mempertaruhkan klaimnya di Manchester United adalah penyerang Martha Thomas. Pemain internasional Skotlandia itu menghabiskan dua tahun di Leigh Sports Village tanpa mampu melepaskan label pengganti, sebelum menyelesaikan kepindahan permanennya pada musim panas lalu.

Di bawah kepemimpinan Robert Vilahamn di Spurs, Thomas dengan cepat bangkit dan mencetak enam gol dalam empat penampilan WSL pertamanya untuk klub. Itu akhirnya menjadi sepuluh gol dalam 27 pertandingan di semua kompetisi, termasuk kemenangan melawan Arsenal dan di semifinal Piala FA.

Aggie Beever-Jones

Aggie Beever-Jones / Matt McNulty/GettyImages dari Chelsea

Aggie Beever-Jones adalah salah satu talenta paling cemerlang di WSL sepanjang 2023/24. Setelah masa pinjaman yang sangat menjanjikan di Bristol City dan Everton dalam dua musim sebelumnya, penyerang ini akhirnya berhasil masuk ke tim utama Chelsea pada musim 2023/24.

Di tengah krisis cedera yang menyebabkan Sam Kerr dan rekrutan musim panas Mia Fishel absen, Beever-Jones memanfaatkan peluangnya dengan kedua tangannya, dengan 11 gol dan dua assist di liga saja yang membantu Chelsea meraih gelar kelima berturut-turut. .

BACA BERITA SEPAKBOLA WANITA TERBARU