5 Klub Terakhir yang Dilatih Rudi Garcia Sebelum Napoli – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Rudi Garcia ditunjuk sebagai pelatih baru Napoli baru-baru ini menggantikan Luciano Spalletti. Setelah membawa Napoli menjuarai Serie A musim lalu, Spalletti memutuskan mundur.

Tak butuh waktu lama bagi Napoli untuk mendapatkan pelatih baru dalam sosok Rudi Garcia. Garcia dipilih karena dianggap sebagai pelatih yang akrab dengan sepak bola Italia.

“Aurelio De Laurentiis (Presiden Napoli) dengan senang hati mengumumkan bahwa Rudi Garcia telah ditunjuk sebagai pelatih kepala Napoli,” demikian pernyataan resmi Napoli.

“Presiden ingin menyampaikan sambutan hangat dan mendoakan yang terbaik untuknya.”

Lantas, lima klub mana yang terakhir dilatih Rudi Garcia sebelum menjadi allenatore baru Napoli?

1. AS Roma

Rudi Garcia sendiri tidak asing dengan Serie A. Pelatih berusia 59 tahun itu sebelumnya melatih AS Roma. Garcia mengelola Roma selama sekitar 2,5 musim.

Ia mengantarkan Giallorossi menjadi runner-up di bawah Juventus pada musim 2013/2014 dan 2014/2015. Namun, Garcia dipecat pada pertengahan musim 2015/2016 setelah Roma mencatatkan rentetan hasil buruk.

2. Lille

Sebagai pelatih yang lahir dan besar di Prancis, Rudi Garcia telah menghabiskan sebagian besar karir kepelatihannya di Prancis.

Faktanya, salah satu kariernya yang paling sukses adalah melatih Lille. Ia melatih Lille dari Juni 2008 hingga Juni 2013. Selama lima musim tersebut, Garcia memenangkan satu trofi Liga Prancis dan Coupe de France.

3. Marseilles

Setelah dipecat AS Roma pada Januari 2016, Rudi Garcia langsung mendapat pekerjaan sebagai pelatih Marseille pada Oktober tahun yang sama.

Total 2,5 musim Rudi Garcia melatih Marseille dengan prestasi terbaiknya mengantarkan tim menjadi runner-up Europa League 2017/18.

4. Lyon

Rudi Garcia kembali melatih klub Prancis setelah tidak bekerja di Marseille. Dia ditunjuk sebagai pelatih Lyon dari Oktober 2019 hingga Mei 2021.

Meski memiliki persentase kemenangan 53,85% dalam dua musim, Rudi Garcia akhirnya dipecat pada Mei 2021.

5. Al-Nasr

Klub terakhir yang dilatih Rudi Garcia sebelum melatih Napoli adalah klub kaya Liga Arab Saudi, Al Nassr. Ia diangkat menjadi pelatih Al Nassr pada Juni 2022, mengungguli Cristiano Ronaldo.

Di Al Nassr, Rudi Garcia mampu mengantarkan timnya menjadi runner-up Liga Arab Saudi. Namun prestasi itu dirasa belum cukup sehingga akhirnya dipecat pada April lalu.

[Aditia Rizki]