4 Stadion Piala Dunia U-17 2023 dan Fasilitas Mewahnya – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Gelaran akbar Piala Dunia U-17 di Indonesia tinggal menghitung jam lagi. Pembukaan ajang bergengsi dunia ini akan segera digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada Kamis (10/11/2023).

Persiapan demi persiapan dilakukan sejak FIFA menyetujui 4 stadion untuk menggelar Piala Dunia U-17 pada Agustus 2023. Keempat stadion tersebut adalah Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, dan Manahan. Stadion di Solo.

Meski hanya memiliki waktu kurang dari tiga bulan untuk menyelesaikan stadion, Ketua Umum PSSI Erick Thohir optimistis seluruh fasilitas stadion akan memenuhi standar FIFA. Erick pun berharap Indonesia bisa sukses menjuarai Piala Dunia U-17.

“Kami telah menyiapkan empat stadion terbaik Indonesia sebagai lokasi pementasan. Karena dengan sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia, maka Indonesia dan kota-kota tuan rumah lainnya akan sejajar dengan negara dan kota sepak bola dunia,” kata Erick Thohir dalam keterangannya. , Senin (6/11/2023).

Berbagai fasilitas stadion di stadion ternama ini juga telah dirancang dan dipersiapkan sedemikian rupa. Lantas, apa saja fasilitas dari 4 stadion pilihan FIFA ini?

Fasilitas Jakarta International Stadium (JIS).

Pemandangan interior Stadion Internasional Jakarta (eticon.co.id)

JIS sudah lama digadang-gadang sebagai calon kuat stadion Piala Dunia U-17. Meski sempat menimbulkan kontroversi dalam hal pembangunan, menyelesaikannamun saat ini JIS sudah dinyatakan siap lokasi Piala Dunia U-17.

Beberapa fasilitas unggulan JIS kini sudah bisa dinikmati pengunjung Piala Dunia U-17. Ini termasuk atap terbuka dan tertutup, rumput hybrid, sistem suara yang memadai, dan akses ke stadion.

Tidak hanya itu, teknologi Petir JIS juga sudah diakui FIFA dan dinilai layak menyelenggarakan pertandingan kelas dunia.

Fasilitas Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya pasca renovasi (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya pasca renovasi (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Fasilitas mewah lainnya juga telah disediakan oleh pengelola Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Sejak terpilih menjadi salah satu stadion Piala Dunia U-17, pembenahan terus dilakukan manajemen GBT.

Stadion berkapasitas 55.000 penonton ini juga mengalami pembenahan di berbagai sektor, seperti parkir, akses kendaraan, ruang ganti pemain, ruang konferensi pers, hingga pemeliharaan rumput harian.

Kejayaan GST terlihat usai ajang FIFA Match Day digelar pada September 2023. Namun pembenahan terus berlanjut hingga Piala Dunia U-17.

Fasilitas Stadion Harupat Si Jalak

Foto udara Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/3/2023).  Renovasi yang sedang berlangsung di Stadion Jalak Harupat rencananya akan ditinjau langsung FIFA pada 21 hingga 27 Maret 2023. ANTARA PHOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Foto udara Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/3/2023). Renovasi yang sedang berlangsung di Stadion Jalak Harupat rencananya akan ditinjau langsung FIFA pada 21 hingga 27 Maret 2023. ANTARA PHOTO/Raisan Al Farisi/aww.

Stadion kebanggaan masyarakat Bandung ini juga sudah dipersiapkan sejak lama, bahkan sejak Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, hingga akhirnya dibatalkan oleh FIFA.

Berbagai fasilitas telah diperbaiki manajemen Si Jalak Harupat untuk persiapan Piala Dunia U-17. Di antaranya lampu 1.000 lux, papan skor elektronik, ruang ganti pemain yang dilengkapi fasilitas memadai, ruang tunggu wasit, hingga 8 lintasan atletik.

Fasilitas Stadion Manahan Solo

Sejumlah pejabat pengelola stadion saat persiapan Turnamen Piala Menpora, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.  (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)
Sejumlah pejabat pengelola stadion saat persiapan Turnamen Piala Menpora, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah. (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Stadion Manahan Solo tak kalah hebatnya dengan 3 stadion sebelumnya. Setelah sempat diumumkan sebagai venue Piala Dunia U-17, kini pembenahan Stadion Manahan bisa dikatakan cukup mewah dan berbeda dengan stadion sebelumnya.

Pemerintah dan manajemen telah menyediakan beberapa fasilitas mewah seperti kolam relaksasi pemain, ruang pijat, ruang pemanasan pemain, dan ruang konferensi pers.

Ruang pemanasan pemain didesain sedemikian rupa dengan ruangan tertutup dan dilengkapi rumput sintetis. Tak lupa, pengontrol suhu ruangan juga dipasang di ruangan ini untuk menyesuaikan suhu tubuh dan kondisi pemain di lapangan.

Untuk lapangan, pengelola Stadion Manahan memilih menggunakan rumput Zoysia Japonica yang kuat dan mirip dengan rumput di Gelora Bung Karno.

Kontributor: Dea Nabila