4 pertarungan kunci yang dapat menentukan laga pembuka Stamford Bridge

by

Tugas tidak datang lebih sulit bagi bos Chelsea Enzo Maresca pada debutnya di Liga Primer.

Pelatih asal Italia itu akan berhadapan dengan sosok yang sangat dikenalnya, Pep Guardiola. Mantan asisten pelatih City, Maresca, membawa Leicester kembali ke kasta teratas musim lalu dan didekati oleh The Blues setelah klub tersebut berpisah dengan Mauricio Pochettino setelah hanya satu musim bersama.

Awal Maresca jauh dari kata mulus karena pramusim yang tidak produktif gagal memikat basis penggemar yang menuntut. “Saran saya adalah memberinya waktu dan itu akan berhasil,” kata Guardiola tentang pemain Italia itu menjelang pertandingan hari Minggu. Namun, kesabaran adalah sifat yang semakin menipis di zaman sekarang.

Duel mendatang tidak akan menentukan kiprah Maresca di London barat, tetapi mungkin akan menentukan suasana. Sebagian orang mungkin mengatakan ini adalah waktu terbaik untuk menghadapi Cityzens asuhan Pep Guardiola, terutama mengingat tim tamu tidak diperkuat Rodri di lini tengah, tetapi Chelsea tetap memiliki tugas berat jika ingin mengawali musim 2024/25 dengan positif.

Berikut adalah empat pertarungan kunci yang akan menentukan pertandingan hari Minggu di akhir pekan pembukaan Liga Champions. Liga Primer musim.

Erling Haaland

Haaland mencetak tiga gol melawan Chelsea di pramusim / Jason Mowry/GettyImages

Pemenang Sepatu Emas berturut-turut ini mengawali musim 2024/25 dengan bekal musim yang produktif, dan Haaland sangat menikmati penampilannya saat menghadapi lini belakang Chelsea yang keropos pada musim panas.

Pemain Norwegia itu mencetak tiga gol saat City mengalahkan The Blues 4-2 di kandang sendiri.

Haaland mencetak dua gol di Stamford Bridge dalam hasil imbang 4-4 ​​yang mendebarkan musim lalu, tetapi pertahanan cerdik di Etihad memastikan Chelsea membatasi mesin gol Nordik di pertandingan sebelumnya. Sementara City siap untuk mengurung dan mencekik lawan mereka pada hari Minggu, Chelsea setidaknya akan berusaha untuk memaksakan diri melalui lini pertahanan yang agresif.

Pendekatan Maresca terhadap City kemungkinan akan berada di antara berani/bunuh diri. Kurangnya tekanan pada bola di lapangan yang lebih tinggi mengekspos lini pertahanan Chelsea di pramusim, dan Haaland akan menjilat bibirnya jika ia menghadapi tim yang sama disfungsionalnya tanpa bola akhir pekan ini.

Sementara Chelsea bisa saja menurunkan sejumlah bek pemulihan yang mengesankan dalam diri Wesley Fofana dan Tosin Adarabioyo, mereka akan mencari masalah jika membiarkan Haaland berlari di belakang sesuka hatinya mengingat kemahirannya dalam situasi satu lawan satu.

Cole Palmer

Palmer adalah bintang Chelsea musim lalu / James Gill – Danehouse/GettyImages

Pramusim Palmer terbilang tenang setelah tampil di Euro 2024, tetapi pahlawan Chelsea 2023/24 itu harusnya sudah siap beraksi pada hari Minggu setelah tampil di pertandingan persahabatan terakhir The Blues di musim panas melawan Inter.

Pemain Inggris itu diharapkan dapat beroperasi di sisi kanan dalam struktur penguasaan bola 3-2-5 Maresca yang akan memberinya banyak kebebasan untuk bergerak ke dalam lapangan. Dengan demikian, Palmer diharapkan akan melihat serangkaian pemain bertahan City di Stamford Bridge, tetapi Gvardiol, khususnya, mungkin ditugaskan untuk menjaga pemain bintang Chelsea secara terbatas.

Pemain internasional Kroasia itu mengalami sedikit mimpi buruk di pertandingan yang sama musim lalu, tetapi ia tampil gemilang di akhir musim dan memainkan peran kunci dalam kemenangan City. Ia berkembang sebagai bek kiri yang berani bagi Guardiola, dan kita hanya bisa berasumsi ia akan kembali memainkan peran ini mulai musim 2024/25.

Sementara Maresca akan berusaha mengurangi ketergantungan Chelsea pada Palmer, keinginan kuat sang playmaker untuk mewujudkan sesuatu berarti upaya bersama harus dilakukan oleh tim tamu untuk menjinakkannya.

Di sisi lain, Gvardiol akan berusaha memanfaatkan kelemahan Palmer saat tidak menguasai bola.

Chelsea v FC Internazionale - Persahabatan Pra-Musim

Nkunku ingin mengejar waktu yang hilang di Stamford Bridge / Eddie Keogh/GettyImages

Itu adalah musim debut yang sangat membuat frustrasi bagi Nkunku, yang menghabiskan sebagian besar waktunya di bangku cadangan.

Namun, pemain Prancis itu menikmati musim panas yang bebas cedera dan tampaknya akan memainkan peran besar selama musim perdana Maresca sebagai pelatih. Pelatih Italia itu memiliki opsi untuk memanfaatkan Nkunku sebagai penyerang palsu atau penyerang nomor sepuluh melawan City. Apa pun pilihannya, mantan bintang RB Leipzig itu akan menghabiskan sebagian besar waktunya di sore hari untuk beroperasi di antara lini.

Dengan absennya Rodri, Chelsea seharusnya bisa sedikit bergembira di area ini. Pemain asal Spanyol itu, singkatnya, tidak tergantikan. Guardiola kemungkinan akan beralih ke Mateo Kovacic di lini tengah, bahkan mungkin Rico Lewis, tetapi tidak ada alternatif yang mampu memberikan keamanan menyeluruh seperti Rodri.

Dia akan sangat dirindukan, dan Nkunku yang cerdik, bersama Palmer, berada pada posisi terbaik untuk memanfaatkannya.

Kevin De Bruyne

De Bruyne memilih gaya rambut slicked-back / Visionhaus/GettyImages

Kami belum yakin konfigurasi lini tengah seperti apa yang akan dipilih oleh bos baru Chelsea, tetapi The Blues kemungkinan akan menekan dengan formasi 4-4-2. Moises Caicedo, Enzo Fernandez, Kiernan Dewsbury-Hall, dan Romeo Lavia termasuk di antara pilihan untuk Maresca.

Siapa pun yang ditempatkan di tengah lapangan akan memiliki tugas yang tidak menyenangkan untuk mencegah bintang-bintang City membuat kekacauan di area pertahanan. Phil Foden adalah ahli dalam melakukan half-turn, sementara Kevin De Bruyne telah membangun kariernya dengan memberikan umpan dari sisi kanan dalam.

Masalah pertahanan Chelsea di pra-musim bermula dari kurangnya tekanan bola yang dapat diandalkan di lapangan, dan jika City mampu tanpa henti mengakses para pembuat permainan bintang mereka di posisi berbahaya di belakang lini tengah Chelsea, tuan rumah tidak akan punya peluang untuk mempertahankan skor.

De Bruyne, yang mungkin akan menjadi tarian terakhirnya di Manchester, dapat menikmati sore yang produktif untuk memulai 2024/25.

BACA BERITA, RUMOR & GOSIP TERBARU DI PREMIER LEAGUE