4 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Jepang, Skuad Garuda Pernah Bantai Samurai Biru! – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Beberapa fakta menarik tersaji jelang pertemuan Timnas Indonesia dan Jepang di Grup D Piala Asia 2023. Pertemuan ini patut dinantikan skuad Garuda.

Sesuai jadwal, duel Timnas Indonesia kontra Jepang akan berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, pada Rabu 24 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. Skuad Garuda harus bisa meraih hasil terbaik pada laga kali ini.

Sebab, ada beberapa catatan yang bisa menambah keseruan laga krusial putra Shin Tae-yong ini saat menghadapi skuad Samurai Biru yang menyandang status peserta terkuat se-Asia.

Berikut Pahami.id sajikan sederet fakta menarik jelang pertemuan Timnas Indonesia dan Timnas Jepang di laga final Grup D Piala Asia 2023.

1. Skuad Inferior Garuda

Timnas Indonesia memang tak punya rekor yang menonjol saat menghadapi Jepang di berbagai pertemuan. Dari data yang tersaji di halaman 11v11, Indonesia dan Jepang sudah bertemu sebanyak 15 kali.

Dari seluruh pertemuan di berbagai kompetisi, Jepang mencatatkan delapan kemenangan, sedangkan Indonesia meraih lima kali. Dua pertandingan lainnya berakhir imbang.

2. Indonesia dulunya adalah partai tujuan

Dari seluruh laga tersebut, kemenangan paling istimewa Timnas Indonesia atas Jepang terjadi pada tahun 1968. Saat itu, keduanya sedang berlaga di Pesta Kemerdekaan Malaysia.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Perka, Ipoh, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan besar dengan skor 7-0. Ini merupakan kemenangan terbesar skuad Garuda atas Samurai Biru. Sayangnya, tidak banyak data yang bisa digali mengenai pertemuan bersejarah ini.

3. Dual Pertama di Piala Asia

Salah satu catatan unik dari pertemuan kali ini adalah Timnas Indonesia untuk pertama kalinya akan menghadapi Jepang di Piala Asia. Sebelumnya keduanya belum pernah bertemu di turnamen ini.

Pertemuan terbanyak keduanya terjadi di Piala Merdeka. Sebab, ada tujuh pertandingan antara Indonesia dan Jepang di ajang ini.

4. Satu Langkah Menuju Sejarah

Laga Timnas Indonesia kontra Jepang menjadi momen berharga yang mencetak sejarah. Sebab, jika Indonesia mampu meraih poin, maka mereka akan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Keberhasilan tersebut akan menjadi sejarah baru karena skuad Merah Putih belum pernah sekalipun lolos ke fase tersebut dari empat keikutsertaan sebelumnya pada edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie