3 Pencapaian Erick Thohir selama Satu Tahun Pimpin PSSI, Berkat Shin Tae-yong? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Hari ini, Jumat (16/2/2024), tepat satu tahun Erick Thohir dilantik menjadi Ketum PSSI periode 2023-2027. Prestasi apa saja yang diraih Menteri BUMN?

Menteri BUMN Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 setelah memperoleh 64 suara pemilih pada pemilu yang berlangsung di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta (16/02/2023).

Erick Thohir mengalahkan pesaing terkuatnya, Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti yang memperoleh 22 suara.

Kita belum menang. Kemenangan itu bukan karena saya terpilih menjadi Ketua Umum PSSI, kata Erick usai KLB kepada Antara.

Menurut pria berusia 52 tahun itu, kemenangan sejati bisa dirasakan ketika suporter bisa pulang dengan selamat setelah menonton pertandingan sepak bola. Kemenangan, kata Erick, diraih ketika suatu daerah di Indonesia bisa melahirkan juara sepak bola.

Kemenangan adalah saat timnas kita menjadi juara di kompetisi tersebut, kata mantan Presiden klub Italia, Inter Milan itu.

Kini setahun setelah terpilihnya Erick Thohir, timnas Indonesia mulai menuai beberapa prestasi, antara lain:

1. Medali emas SEA Games 2023 Kamboja setelah penantian panjang selama 32 tahun.

2. Pertama kali dalam sejarah keikutsertaan Piala Asia, skuad Garuda mampu melaju ke babak 16 besar.

3. Apalagi, Indonesia kini menduduki peringkat tertinggi dalam lima tahun terakhir di ranking dunia FIFA.

Saat ini skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong itu berada di peringkat 142 dunia, naik empat peringkat dari sebelumnya peringkat 146 dunia pada Desember 2023.

Ke depan, PSSI menargetkan tim Merah Putih mampu meraih peringkat 100 dunia. Upaya untuk lebih meningkatkan peringkat bisa didapat pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan berlangsung bulan depan.

Bergabung di Grup F bersama Jepang, Irak, dan Vietnam, bulan depan tim Garuda akan dua kali menghadapi The Golden Stars di kandang dan tandang pada 21 Maret dan 26 Maret.

(Di antara)