3 Pemain Timnas Indonesia Masuk “Mata Elang” Pelatih Vietnam, Jadi Incaran Nanti Malam? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Vietnam Philippe Troussier menaruh perhatian pada 3 pemain Timnas Indonesia jelang bentrok dengan skuadnya malam ini. Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada laga hari kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Baik timnas Indonesia maupun Vietnam diprediksi akan bertekad meraih kemenangan setelah mengalami kekalahan di matchday pertama. Vietnam harus mengakui keunggulan Jepang dengan skor 2-4, sedangkan Indonesia takluk 1-3 dari Irak.

Dalam sesi jumpa pers yang digelar Kamis (18/1/2024), Pelatih Vietnam, Philippe Troussier, menyoroti pentingnya laga melawan Indonesia.

Philippe Troussier menilai gol melawan Indonesia dan Irak jauh lebih penting dibandingkan melawan Jepang (vff.org.vn)

Menurut Philippe Troussier, ada tiga pemain Timnas Indonesia yang dinilainya bisa menjadi ancaman serius, yakni Marselino Ferdinand, Yakob Sayuri, dan Rafael Struick.

Pemain nomor 7, 11, dan 2 asal Indonesia sangat kuat dan memiliki semangat yang baik, kata Philippe Troussier, mantan pelatih timnas Jepang.

BACA JUGA: Lawan Vietnam, Yakob Sayuri siap bawa timnas Indonesia meraih kemenangan

Philippe Troussier menyebut mereka menunjukkan keseimbangan yang baik di lini tengah.

“Kami yakin ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kami,” tambahnya.

Troussier pun sadar, laga Vietnam kontra Timnas Indonesia tak hanya sebatas mengejar tiga poin, tapi juga mengandung unsur rivalitas.

“Vietnam dan Indonesia adalah dua negara di Asia Tenggara, dan persaingan di antara kita cukup kuat,” kata Troussier.

BACA JUGA: Shin Tae-yong disorot media Korea jelang laga Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023

“Kita perlu siap secara fisik dan mental karena sudah beberapa kali bertemu. Timnas Indonesia punya semangat yang luar biasa, apalagi terlihat pada laga melawan Irak,” lanjutnya.

Data head to head Timnas Indonesia vs Vietnam

Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Vietnam pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (19/1/2024) sore WIB. Kedua tim gagal meraih kemenangan di laga pembuka, Indonesia kalah 1-3 dari Irak dan Vietnam kalah 2-4 dari Jepang.

Pertemuan ini bukanlah yang pertama bagi kedua tim, sebelumnya mereka sudah bertemu sebanyak 27 kali dengan hasil delapan kemenangan untuk Indonesia, delapan kemenangan untuk Vietnam, dan 11 laga berakhir imbang.

Prestasi timnas Indonesia di tingkat Asia masih tertinggal dibandingkan timnas Vietnam. Tim Garuda belum pernah meraih hasil memuaskan baik di Piala AFF maupun Piala Asia.

Di Piala AFF, Timnas Indonesia hanya enam kali menjadi runner-up yakni pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020.

Sementara di Piala Asia, Indonesia sudah empat kali lolos ke final, namun selalu terhenti di fase grup.

Piala Asia 2023 menjadi keikutsertaan Timnas Indonesia yang kelima kalinya dan prestasi mereka di ajang ini patut dinantikan.

Sementara Timnas Vietnam sudah menunjukkan kemampuannya bersaing di level Asia.

Saat masih bernama Vietnam Selatan, mereka berhasil finis keempat dua kali pada tahun 1956 dan 1960.

Setelah berganti nama menjadi Vietnam, timnas berhasil mencapai babak perempat final dalam dua edisi, pada 2007 dan 2019.

Jelang Piala Asia 2023, Timnas Vietnam bertekad mencatatkan prestasi lebih baik.

Timnas Vietnam meraih hasil lebih baik lagi di Piala AFF.

Dengan keikutsertaannya sejak tahun 1996, Vietnam berhasil meraih dua gelar juara pada tahun 2008 dan 2018.