3 Pelatih Eropa yang Bisa Ditunjuk Erick Thohir jika Shin Tae-yong Latih Negara Lain – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Berikut daftar pelatih kelas dunia yang dekat dengan General Manager (Ketum) PSSI, Erick Thohir, dan bisa jadi pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Bukan rahasia lagi jika perjalanan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia akan segera berakhir karena kontraknya akan habis pada Juni 2024.

Shin Tae-yong kini mengatakan bahwa dirinya mulai mendapat tawaran untuk memimpin negara lain. Hal ini diberitakan oleh media Korea Selatan.

“Saya menerima tawaran itu sekitar seminggu lalu. Saya tidak bisa memimpin tim lain di Asia Tenggara,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari Sports Kyunghyang, Selasa (30/1/2024).

Masa depan pelatih berusia 53 tahun itu masih belum jelas. Pasalnya kontraknya akan habis pada Juni 2024.

Meski demikian, Shin Tae-yong menegaskan dirinya akan setia bersama timnas Indonesia. Ia ingin menepati janjinya bersama skuad Garuda.

“Ada pembicaraan tentang perpanjangan kontrak dan saya bisa membayar dendanya lalu pergi ke tempat lain,” kata Shin Tae-yong.

Namun, untuk saat ini saya akan menepati janji menangani timnas Indonesia hingga Juni 2024, kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Jika Shin Tae-yong berpisah dengan Timnas Indonesia, PSSI dipastikan harus mencari pengganti yang cocok untuk mengisi kursi kepelatihan yang kosong.

Pengganti yang cocok ini juga harus berkualitas dan memiliki pengalaman internasional seperti Shin Tae-yong.

Oleh karena itu, PSSI juga bisa melihat beberapa pelatih kelas dunia yang dekat dengan Erick Thohir untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia di masa depan.

Siapa saja pelatih kelas dunia yang dekat dengan Erick Thohir? Ini daftarnya.

1.Jose Mourinho

Tak ada yang meragukan kapasitas Jose Mourinho sebagai pelatih. Berbagai piala mampu ia persembahkan untuk tim yang dibimbingnya.

Pelatih berjuluk The Special One itu ternyata punya kedekatan dengan Erick Thohir. Terbaru, ia juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Ketua Umum PSSI pada 30 Mei 2023.

Dengan disambungnya Erick Thohir, PSSI bisa mencoba mendekati Mourinho untuk mengadu nasib di level timnas bersama Timnas Indonesia. Apalagi, masa depannya bersama AS Roma kini tengah mendapat tanda tanya besar.

2.Walter Mazzarri

Erick Thohir memiliki rekam jejak di dunia sepak bola internasional, pernah menjadi bos Inter Milan, setelah mengakuisisinya pada tahun 2013.

Selama menjabat sebagai bos, Erick Thohir pernah memiliki pelatih terbaik di Inter Milan, salah satunya Walter Mazzarri yang membawa Napoli menjuarai Coppa Italia 2011/2012.

Mazzarri kini tengah menganggur setelah terakhir melatih pada 2022. Dengan pengalamannya melatih tim-tim papan atas Italia, PSSI bisa mendekatinya sebagai pengganti Shin Tae-yong.

3. Frank de Boer

Selain Walter Mazzarri, Erick Thohir juga memiliki kedekatan dengan pelatih ternama seperti Frank de Boer, sejak ditunjuk sebagai pelatih Inter Milan pada 2016.

Meski kariernya di Inter Milan tak berjalan mulus, Frank de Boer bukanlah pelatih sembarangan karena mampu mengantarkan Ajax Amsterdam menjadi juara Eredivisie atau Liga Belanda.

Selain itu, ia juga pernah menangani timnas Belanda pada pertengahan tahun 2020-2021. Lantaran tengah menganggur, Erick Thohir bisa kembali menghubunginya untuk menggantikan Shin Tae-yong yang berpotensi hengkang dari Timnas Indonesia.

Kontributor: Felix Indra Jaya