3 Negara Penghuni Pot 4 yang Berpeluang Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Ada Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Setelah dua laga grup Piala Asia 2023, hanya segelintir tim dari Pot 4 yang berpeluang lolos ke babak 16 besar.

Sebagai informasi, tim peserta Piala Asia 2023 telah dibagi ke dalam 4 pot pada proses pengundian. Distribusi pot didasarkan pada peringkat FIFA.

Sedangkan Pot 4 berisi enam tim yang rangking FIFAnya melebihi 100. Mereka adalah India, Tajikistan, Thailand, Malaysia, Hong Kong, dan Timnas Indonesia.

Dari enam tim tersebut, separuhnya sudah pasti gugur di babak penyisihan grup dan sisanya masih berpeluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Lantas, siapa saja negara di Pot 4 yang berpeluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023?

1. Timnas Indonesia

Timnas Indonesia tergabung di grup neraka bersama Jepang, Irak, dan Vietnam di Grup D. Dari segi peluang, Indonesia diprediksi memiliki persentase terkecil.

Namun di luar dugaan, Skuad Garuda mampu meraih satu kemenangan atas Vietnam. Penentuan lolos ke babak 16 besar akan terlihat usai laga melawan Jepang, Rabu (24/1/2024).

Jika menang, Timnas Indonesia berpeluang menjadi runner-up grup dan otomatis lolos ke 16 besar grup. Jika kalah kurang dari dua gol atau imbang melawan Jepang, Indonesia bisa finis ketiga dan berpeluang masuk empat besar peringkat ketiga.

2. Thailand

Seperti pada edisi 2019, Thailand tampil apik di Piala Asia 2023. Dalam dua laga, Gajah Perang meraih satu kemenangan dan satu kali imbang.

Thailand saat ini berada di posisi runner-up Grup F dengan 4 poin. Mereka pasti lolos ke 16 besar dengan minimal peringkat ketiga atau maksimal runner-up.

3.Tajikistan

Tajikistan saat ini duduk di peringkat ketiga Grup A dengan satu poin.

Mereka berpeluang besar lolos ke babak 16 besar dengan skenario terbaik adalah peringkat ketiga atau paling banter finis runner-up.

Hal tersebut berpotensi terjadi jika mereka menahan imbang Lebanon atau menang pada laga tersebut.

Kontributor: Aditia Rizki