3 Hambatan yang Bakal Ditemui Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, nampaknya menghadapi sejumlah kendala besar dalam membawa pemainnya ke Piala Asia U-23 2024.

Beberapa kendala tersebut tidak hanya terkait aspek internal Timnas U-23 Indonesia saja, namun juga berpotensi muncul dari aspek eksternal perayaan Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung di Qatar.

Pada ajang tersebut, PSSI mematok target cukup tinggi terhadap pelatih asal Korea Selatan tersebut. Shin Tae-yong didaulat memimpin skuad Garuda Muda melaju ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Setidaknya ada beberapa kendala yang akan dihadapi Shin Tae-yong demi mewujudkan target yang diberikan PSSI. Berikut Pahami.id sajikan penjelasannya.

1. Sulit Menghubungi Pemain Luar Negeri

Piala Asia U-23 2024 bukanlah kejuaraan dalam kalender FIFA. Oleh karena itu, sulit mengharapkan pemain asing yang berkiprah di luar negeri bisa memenuhi panggilan Timnas Indonesia U-23.

Padahal, banyak pemain berstatus luar negeri yang justru bisa menjadi pilar utama skuad Garuda Muda. Mereka adalah Elkan Baggott, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Belum termasuk dua pemain lokal yang sedang berkarier di luar negeri yakni Marselino Ferdinand dan Pratama Arhan.

2. Pertarungan yang Sulit

Timnas U-23 Indonesia termasuk dalam grup yang sulit di fase awal. Menghadapi persaingan di Grup A, skuad Garuda Muda akan menghadapi lawan seperti Qatar, Yordania, dan Australia.

Qatar jelas menjadi peserta yang patut diwaspadai karena statusnya sebagai tuan rumah. Sedangkan Yordania dan Australia merupakan dua tim yang berstatus bergengsi di Piala Asia U-23.

Sebagai informasi, ketiga lawan yang dihadapi Timnas U-23 Indonesia di grup ini semuanya pernah meraih peringkat ketiga Piala Asia U-23.

3. Liga 1 masih berjalan

Pemanggilan pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas U-23 Indonesia jelang Piala Asia U-23 2024 juga akan menghadapi beberapa kendala seperti kejuaraan sebelumnya.
Sebab, ajang ini dijadwalkan berlangsung pada 15 April hingga 3 Mei 2024. Padahal, di saat yang sama, kompetisi sepak bola di Indonesia masih berlangsung.

Sebagai informasi, BRI Liga 1 2023/2024 baru akan berakhir pada akhir April 2024. Artinya, ada potensi klub-klub menolak melepas pemainnya karena harus berjuang keras menyelesaikan kompetisi.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie