Jadi Tersangka Penistaan Agama, Ini Perjalanan Karier Komika Aulia Rakhman – Viral

by

Pahami.id – Tokoh komika Aulia Rakhman kini tengah disorot atas pernyataannya soal nama Nabi Muhammad SAW dalam standup acara “Desak Anies” pada Kamis (7/12/2023).

Aulia Rakhman menyebutkan berapa banyak orang bernama Muhammad yang dipenjara. Gara-gara pernyataan itu, Aulia ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penghinaan agama.

Melalui Instagram @auliarakhman90, Aulia Rakhman sebenarnya sudah memberikan penjelasan. Bukan menghina, Aulia bermaksud menyindir seseorang bernama Muhammad yang sifatnya tidak sejalan dengan Nabi.

Sayangnya, video penjelasan tersebut tidak membebaskan Aulia Rakhman dari jeratan hukum. Ancaman 5 tahun penjara kini menghantui Aulia.

Sebagai Komedian, Bagaimana Perjalanan Karir Aulia Rakhman? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Dapatkan Tiket Emas KUDUS 5

Perjalanan Karir Aulia Rakhman (Twitter/@rischyramadhani)

Berdasarkan tweet dari rekannya di

Namun dalam daftar peserta SUCI 5 tahun 2015, nama Aulia Rakhman hilang. Pemenang SUCI 5 saat itu adalah Rigen yang kini menjadi pemeran acara televisi “Main Judge Alone” NET.

2. Alasan tidak melanjutkan SUCI 5

Perjalanan Karir Aulia Rakhman (Twitter/@standupindo_lpg)
Perjalanan Karir Aulia Rakhman (Twitter/@standupindo_lpg)

Alasan Aulia Rakhman berhenti dari SUCI 5 belum diketahui pasti. Akun resmi Standup Indo Lampung hanya menjelaskan alasan Aulia tidak melanjutkan SUCI 5 dengan kalimat “takdir berkata sebaliknya”.

Aulia Rakhman mendapatkan SUCI 5 Golden Ticket pada akhir November 2014. Prestasi tersebut diraih Aulia tiga bulan setelah ayahnya meninggalkannya untuk selama-lamanya.

3. Mengadakan Pertunjukan Standup Comedy #BatasSuci

Perjalanan Karier Aulia Rakhman (Twitter/@komtungTV)
Perjalanan Karier Aulia Rakhman (Twitter/@komtungTV)

Meski tak melanjutkan di SUCI 5, Aulia Rakhman tetap berkarya. Aulia diketahui menciptakan Standup Comedy Show bertajuk #BatasSuci yang hanya bisa dinikmati penggemarnya di Lampung.

Saat mempromosikan acara “Batas Suci”, akun X @standupindo_lpg juga menyinggung perjalanan Aulia Rakhman hingga mendapatkan Golden Ticket di SUCI 5. Prestasi tersebut tentu membuktikan bahwa Aulia adalah komika berbakat.

4. Bekerja di Lampung

Perjalanan Karir Aulia Rakhman (Twitter/@standupindo_lpg)
Perjalanan Karir Aulia Rakhman (Twitter/@standupindo_lpg)

Seperti komik kebanyakan, Aulia Rakhman menghadirkan acara Standup Comedy khusus. Bertajuk #Batas Suci, Pertunjukan Standup Comedy Aulia cukup menyita perhatian hingga digelar dua kali pada tahun 2017 dan 2019.

Bersama teman-temannya di Standup Indo Lampung, Aulia Rakhman juga membuat serial komedi BeGAL (Jokes Gaul Anak Lampung). Serial yang dibuat pada tahun 2014 ini berisi 5 episode yang masih bisa disaksikan melalui channel YouTube Newendi Septian.

5. Suka Berkebun

Perjalanan Karier Aulia Rakhman (Twitter/@BDLberkebun)
Perjalanan Karier Aulia Rakhman (Twitter/@BDLberkebun)

Selain Standup, Komika Aulia Rakhman memiliki hobi berkebun. Akun X @BDLberkebun kerap membagikan foto keikutsertaan Aulia dalam kegiatan panen kolektif.

Bahkan dalam materi Standup, Aulia Rakhman juga sesekali menyertakan materi berkebun. Salah satu materi Aulia adalah tentang mimpinya berinvestasi di bidang tanaman.

Itulah sekelumit kisah perjalanan karir Aulia Rakhman di dunia Standup Comedy Indonesia. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi