Ferry Salim hingga Enzy Storia, Ini 8 Artis Raih Gelar Sarjana di Tahun 2023 – Viral

by

Pahami.id – Tahun 2023 akan menjadi tahun yang sangat berkesan dan berharga bagi sejumlah publik figur Indonesia. Sebab, mereka berhasil menyelesaikan studi hingga jenjang sarjana. Lulus merupakan pencapaian besar bagi para seniman karena ada yang hanya mampu mencapainya di usia muda.

Bahkan ada yang harus menunda puluhan tahun sebelum melanjutkan studi dan lulus. Lantas artis manakah yang akan mendapat gelar sarjana pada tahun 2023? Berikut ringkasan lengkapnya.

1. Feri Salim

Artis Raih Gelar Sarjana pada 2023. (Instagram/ferrysal1m)

Aktor senior Ferry Salim menginspirasi banyak orang dengan gelar sarjana yang diraihnya awal tahun ini. Ferry Salim berhasil lulus dari Universitas Kristen Indonesia dengan gelar sarjana hukum. Feri meraih gelar ini di usianya yang masih muda, 56 tahun.

2. Rey Mbayangan

Artis Raih Gelar Sarjana pada 2023. (Instagram/rey_mshadow)
Artis Raih Gelar Sarjana pada 2023. (Instagram/rey_mshadow)

Pada akhir Juli 2023, Rey M Shadow resmi menerima gelar sarjana dari program studi manajemen yang diambilnya di Universitas Terbuka Manado. Diberitahukan, suami Dinda Hauw ini telah menempuh pendidikan sejak tahun 2017 dan akan menyelesaikan pendidikannya pada tahun 2023. IPK Rey Mbayar pun cukup memuaskan yakni 3,39.

3. Asnawi Mangkualam

Artis Raih Gelar Sarjana 2023. (Instagram/asnawi_bhr)
Artis Raih Gelar Sarjana 2023. (Instagram/asnawi_bhr)

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, membanggakan fans karena memperoleh gelar sarjana manajemen dari Universitas Bosowa. Gelar sarjana menjadi satu lagi prestasi yang diraih Asnawi di tengah kesibukannya sebagai pesepakbola profesional. Saat wisuda, Asnawi hanya bisa hadir secara online karena bersiap membela timnas. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi rasa bahagia dan bangga atas prestasi yang diraih Asnawi.

4.Randy Martin

Artis Raih Gelar Sarjana pada 2023. (Instagram/randymartinnn)
Artis Raih Gelar Sarjana pada 2023. (Instagram/randymartinnn)

Kesuksesan sebagai aktor tak membuat Randy Martin berpuas diri. Ia tetap serius menyelesaikan pendidikan sarjananya di tengah kesibukannya sebagai aktor. Usaha Randy Martin yang membagi waktunya antara syuting dan belajar membuahkan hasil ketika ia lulus kuliah. Randy Martin berhasil memperoleh gelar Sarjana Administrasi dari Kwik Kian Gie Business School.

5. Kisah Enzy

Artis Raih Gelar Sarjana pada 2023. (Instagram/enzystoria)
Artis Raih Gelar Sarjana pada 2023. (Instagram/enzystoria)

Menunda kuliah selama 13 tahun, Enzy Storia akhirnya bisa menyelesaikan kuliahnya dan menjadi sarjana. Enzy menceritakan kisah perjuangannya hingga berhasil meraih gelar sarjana manajemen. Enzy mempunyai keinginan untuk kuliah sejak tamat SMA, sayangnya karena harus bekerja Enzy harus menunda mimpinya tersebut. Kini impian lama Enzy menjadi kenyataan.

6. Sarah Tumiwa

Artis Raih Gelar Sarjana pada 2023. (Instagram/sarahtumiwa)
Artis Raih Gelar Sarjana pada 2023. (Instagram/sarahtumiwa)

Model cantik Sarah Tumiwa baru saja menerima gelar sarjana komunikasi pemasaran dari Universiti Bina Nusantara (BINUS). Di hari wisudanya, Sarah Tumiwa tampil cantik dalam balutan kebaya modern berbahan kain batik belahan tinggi.

7.Rahmania Astrini

Artis Raih Gelar Sarjana pada 2023. (Instagram/rahmaniaastrini)
Artis Raih Gelar Sarjana pada 2023. (Instagram/rahmaniaastrini)

Sama seperti Sarah Tumiwa, Rahmania Astrini juga lulusan Binus. Bedanya, penyanyi yang mencuri perhatian usai menjadi pembuka konser Coldplay ini lulus dengan gelar sarjana ilmu komunikasi. Saat wisuda, Rahmania tampil anggun dengan balutan kebaya dan toga.

8. Dilan Janiyar

Artis Raih Gelar Sarjana 2023. (Instagram/dilanjaniyar)
Artis Raih Gelar Sarjana 2023. (Instagram/dilanjaniyar)

Artis TikTok populer, Dilan Janiyar merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan gelar sarjana teknik geodesi. Kerennya, Diyan berhasil menyelesaikan kuliahnya dalam kondisi masih hamil. Saat wisuda, baby bump Dilan terlihat jelas.

Perjalanan para seniman untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di tengah kesibukannya tidaklah mudah. Apalagi ada yang berhasil meraih gelar sarjana di usia muda seperti Ferry Salim. Hingga perjuangan Enzy, ia harus menunda kuliah selama 13 tahun. Maka pantaslah jika kisah pembelajaran mereka dijadikan sebagai inspirasi untuk menambah semangat mereka dalam menyelesaikan studinya.

Kontributor: Safitri Yulikhah