Bisa Gak Sih Diskusi Jernih? – Viral

by

Pahami.id – Komedian Kiky Saputri membagikan tulisan panjang di Twitter atau akun X pribadinya hari ini, Minggu (17/12/2023). Kiky mengungkapkan kekhawatirannya atas haknya untuk berpendapat yang dirasa dihalangi oleh masyarakat.

Persoalan bermula saat Kiky Saputri merumuskan hasil debat calon presiden pertama pada 12 Desember 2023. Atas segala hal yang diungkapkannya, Kiky merasa kurang mendapat respon yang pantas dari masyarakat.

“Cuma gara-gara saya buat rangkuman singkat debat capres pertama, orang-orang tidak fokus pada isinya, tapi selalu fokus membuat sesuatu. ‘Kamu Kiky buzzer’, ‘Biasa saja dia bilang begitu, dia pendukungnya. ‘,” tulis Kiky Saputri.

Bahkan, ada pula yang melakukan kekerasan fisik terhadap Kiky Saputri karena tergesa-gesa menganggap evaluasi calon presiden pilihannya sebagai bentuk kritik, tanpa menggali terlebih dahulu makna dari penulisan komik tersebut.

“Belum lagi yang punya sekring pendek, tidak paham materi, dan langsung menyerang secara fisik,” kata Kiky Saputri.

Kiky Saputri yang awalnya menjawab hal tersebut dengan tenang perlahan mulai marah. Ia heran mengapa masyarakat tidak bisa diajak berdiskusi secara sehat.

“Bisakah kita berdiskusi secara jujur ​​tanpa melontarkan tuduhan?” tanya Kiky Saputri.

Saking capeknya menghadapi kritik, ia menolak banyak tawaran pekerjaan terkait politik. Padahal, jika dihitung-hitung, Kiky bisa meraup untung besar.

Komedian Standup Kiky Saputri (Instagram/kikysaputrii)

“Hal inilah yang menyebabkan puluhan tawaran MC dan roast dari pihak saya ditolak. “Takutnya langsung kepikiran, ‘Wah, Kiky ada di sini,'” jelas Kiky Saputri.

“Kalau dipikir-pikir, itu pekerjaan yang halal dan profesional. “Seluruh acara dari semua pasangan calon menawarkan, tanpa ada ketentuan yang mengikat, wajib Anda dukung,” dia melanjutkan.

Curahan hati Kiky Saputri ini disambut baik oleh para sahabat komika. Seniornya, Mo Sidik, berpesan untuk tidak mendengarkan segala kritik.

“Sebenarnya tidak perlu membaca komentar dan mendengarkan komentar orang. Anda bisa sampai pada titik ini sekarang, karena Anda tidak peduli apa yang dipikirkan orang lain, bukan? Ingat, kan?” ujar Mo Sidik.

Profil Kiky Saputri (instagram/kikysaputrii)
Profil Kiky Saputri (instagram/kikysaputrii)

Nasehat Mo Sidik itu ditanggapi Kiky Saputri. Dia berterima kasih padanya karena mengingatkannya akan hal itu.

“Ah, terima kasih, Kang Mo,” kata Kiky Saputri.

Dalam kesempatan yang sama, Kiky Saputri juga menegaskan ke depannya akan mulai mempertimbangkan kembali tawaran pekerjaan terkait politik.

“Baiklah, mulai besok, aku akan mengambil semuanya. Itu saja, bicaralah pada dirimu sendiri, putuskan sendiri, “ tutup Kiky Saputri. (Adiyoga Priyambodo)