Berita Viral Profil Cynthia Riza Caleg DPR RI, Dapat Suara Tinggi Meski Satu Dapil dengan Puan Maharani

by

Pahami.id – Cynthia Riza yang merupakan istri Giring Ganesha diketahui merupakan calon legislatif DPR RI. Sama-sama calon dewan dari PSI, Cynthia Riza butuh suara di dapil V Jateng, sedangkan Giring di dapil Jabar 1. Di dapil tersebut, Cynthia harus bersaing dengan Puan Maharani dari PDIP yang petahana sekaligus ketua umum. DPR RI.

Hasil Quick Count menunjukkan perolehan suara sementara Cynthia Riza lebih tinggi dibandingkan suaminya. Cynthia Riza mendapat lebih dari 30 ribu suara dari masyarakat Solo dan sekitarnya, sedangkan Giring hanya mendapat puluhan ribu.

Perbedaan tersebut membuat Giring Ganesha dianggap memalukan warganet. Meski demikian, Giring mengaku bangga melihat perolehan suara sementara Cynthia Riza lebih besar dibandingkan miliknya.

Cynthia Riza pun mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Giring Ganesha kepadanya. Prestasi Cynthia Riza dirasa tak lepas dari restu dan dukungan sang suami.

Perjalanan Cynthia Riza meraih suara tinggi bukan tanpa ujian, salah satunya dilaporkan ke Bawaslu. Simak kisahnya melalui profil Cynthia Riza di bawah ini.

1. Biografi dan Agama Cynthia Riza

Profil Cynthia Riza (Instagram/@cynthiaganesha)

Cynthia Riza merupakan istri dari Giring Ganesha dan ibu dari empat orang anak. Lahir pada 12 Juli 1988, Cynthia Riza merupakan kakak perempuan dari Tyna Kanna, mantan istri Kenang Mirdad. Wanita Jawa beragama Islam seperti suaminya.

2. Pernikahan Cynthia Riza

Profil Cynthia Riza (Instagram/@cynthiaganesha)
Profil Cynthia Riza (Instagram/@cynthiaganesha)

Pernikahan Cynthia Riza dan Giring Ganesha sempat ditentang hingga terciptalah lagu “Dosakah Aku” yang diciptakan oleh Nidji. Orang-orang terdekatnya pun memusuhinya karena status Cynthia Riza yang saat itu berstatus janda.

Berkat kesabaran dan perjuangan tiada henti, Cynthia Riza dan Giring Ganesha menikah pada 2010 lalu setelah sukses mendapat restu. Rumah tangga mereka dinilai harmonis selama 14 tahun terakhir.

Sebelum menjadi istri Giring Ganesha, Cynthia Riza menikah di usia muda dengan pria yang belum terungkap identitasnya. Dari pernikahan tersebut, Cynthia dikaruniai seorang putra.

Cynthia Riza bercerai karena mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Sempat bersembunyi dari mendiang ayahnya, Dwi Handoyo, Cynthia Riza akhirnya kedapatan menjadi korban KDRT hingga terpaksa bercerai.

3. Perjalanan Karir Cynthia Riza

Profil Cynthia Riza (Instagram/@cynthiaganesha)
Profil Cynthia Riza (Instagram/@cynthiaganesha)

Cynthia Riza dikenal publik sebagai istri Giring Ganesha. Sebelum terjun ke dunia politik, Cynthia Riza adalah seorang ibu rumah tangga dan influencer dengan hampir 300 ribu pengikut Instagram.

Data Goodkind.id menyebutkan Cynthia Riza menjadi Brand Ambassador Bank Permata pada tahun 2017. Sementara itu, akun Instagram @puspenpol mencantumkan istri Giring sebagai Brand Ambassador (BA) Liga Solo.

Cynthia Riza mengaku tertarik menjadi BA di Liga Solo karena kepelatihan bola basketnya sejak kecil. Untuk itu, Cynthia Riza berharap Liga Solo menjadi wadah anak-anak untuk mengasah sportivitas, kejujuran, dan fair play dalam olahraga khususnya bola basket.

Dunia politik selanjutnya dipilih Cynthia Riza, menyusul karier Giring Ganesha sebagai kader PSI dan calon legislatif DPR RI. Tiga tokoh politik favorit Cynthia Riza rupanya adalah Giring, Presiden Jokowi, dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming.

Solo dan Boyolali menjadi daerah pemilihan Cynthia Riza bukan tanpa alasan. Selain Solo merupakan kampung halaman Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming, Eyang Cynthia Riza berasal dari Boyolali.

Sebagai penyintas KDRT, Cynthia Riza semakin bertekad untuk ikut berjuang bersama PSI. Kini Cynthia Riza semakin dekat meraih lebih dari 30 ribu suara dari masyarakat Dapil Jawa Tengah V yakni Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Surakarta.

4. Kontroversi Cynthia Riza

Profil Cynthia Riza (Instagram/@cynthiaganesha)
Profil Cynthia Riza (Instagram/@cynthiaganesha)

Pada Desember 2023, Cynthia Riza dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pelaporan tersebut terkait dugaan Cynthia Riza berkampanye tanpa izin.

Itulah profil Cynthia Riza yang mengikuti jejak suaminya Giring Ganesha dalam merambah dunia politik. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi