Berita Media Asing Soroti TPS Unik Pemilu RI di Hari Valentine

by


Jakarta, Pahami.id

Pemilihan Umum (Pemilihan) 2024 yang berlangsung serentak di Indonesia menarik perhatian media luar negeri. Selain pasangan calon presiden dan wakil presiden yang sudah ada, perhatian juga tertuju pada tanggal pemungutan suara.

Pemilu Indonesia 2024 akan berlangsung pada 14 Februari, bertepatan dengan Hari Valentine. Hal ini pula yang menjadikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebagai TPSnya.


Media Qatar, Al JazeeraRabu (14/2) menyoroti beberapa TPS yang dirancang bertema Hari Valentine, salah satunya berlokasi di Denpasar, Bali.

“Fakta bahwa pemilu Indonesia jatuh pada Hari Valentine tidak luput dari perhatian para pejabat pemilu,” lapor Al Jazeera.

“Beberapa orang menghiasi tempat pemungutan suara mereka dengan hati berwarna merah muda, balon, dan pesan romantis untuk menandai peristiwa tersebut.”

[Gambas:Video CNN]

Dalam pemberitaannya, Al Jazeera mengunggah gambar KPPS mengenakan baju berwarna merah muda. Tenda TPS berlatar belakang putih ini penuh dengan dekorasi berbentuk hati berwarna merah muda, bahkan terdapat balon berbentuk hati di bagian pintunya untuk mencerahkan TPS.

Kepala Desa Tunjung Sari I Komang Sugatha sebelumnya mengatakan TPS 026 mengusung tema Valentine yang telah disiapkan sejak siang Senin (12/3) kemarin.

“Saya melihat suasana hari Valentine besok sangat tidak biasa. Jadi kami ibu-ibu dan teman-teman semua merekam hal seperti ini, sekaligus merayakan Hari Valentine dan memilih bersama masyarakat di Tunjung Sari,” kata Sugatha. , saat ditemukan di TPS 026, Selasa (13/2).

TPS di Denpasar, Bali didesain dengan tema Valentine karena pemungutan suara dilakukan pada 14 Februari. (AP/Firdia Lisnawati)
Seorang perempuan menunjukkan jarinya yang bertinta yang menandakan dia telah memilih dalam pemilu di TPS bertema Hari Valentine di Solo, Jawa Tengah, Indonesia, Rabu, Februari 2021.  14 Agustus 2024. Jutaan masyarakat Indonesia memilih presiden baru pada hari Rabu ketika negara demokrasi terbesar ketiga di dunia bercita-cita menjadi kekuatan ekonomi global hanya dalam kurun waktu 25 tahun setelah bangkit dari era otoriter yang brutal.  (Foto AP/Achmad Ibrahim)Warga di Solo menerima coklat dari TPS bertema Valentine usai mencoblos. (AP/Achmad Ibrahim)

Tema yang sama juga hadir di Solo. Ada tempat pemungutan suara yang dipenuhi dekorasi Hari Valentine berwarna merah muda. Salah satu warga terlihat membawa coklat, makanan yang sama yang diberikan pada Hari Valentine, usai menggunakan hak pilihnya.

Pemungutan suara pada pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres), anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, dan anggota DPRD kabupaten/kota.

Pilpres 2024 akan diikuti tiga pasangan calon. Pasangan nomor 1 adalah Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Mereka didukung oleh Partai NasDem, PKB, dan PKS.

Pasangan nomor urut 2 adalah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Duet ini didukung Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, PBB, dan Partai Garuda.

Pasangan nomor 3 adalah Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Mereka didukung PDIP, Parti Hanura, PPP dan Parti Perindo.

Sementara itu, ada 24 partai politik yang mengikuti pemilihan legislator. Jumlah tersebut terdiri dari 18 partai politik nasional dan 6 partai lokal Aceh.

Pada Pemilu 2024, CNNIndonesia.com juga akan mengeluarkan hasil quick count dengan menggandeng enam lembaga survei yakni Kompas Litbang, Political Research and Consulting, Poltracking Indonesia, Charta Politika Indonesia, Lembaga Survei Indonesia (LSI), dan Voxpol Research & Consulting. Tengah. .

Saksikan hitung cepat Pemilu 2024 di situs Pahami.id pada Rabu 14 Februari mulai pukul 15.00 WIB.

(Kris)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);