Berita Kemenko PMK Ungkap Alasan BPJS Kesehatan Jadi Syarat Dapat SKCK

by


Jakarta, Pahami.id

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) mengungkapkan alasan partisipasi BPJS Kesehatan merupakan salah satu syarat pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Deputi Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Nunung Nuryartono mengatakan, hal ini untuk menjamin prinsip gotong royong dalam penerapan sistem BPJS Kesehatan.


“Jadi prinsip yang sangat penting dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan adalah prinsip gotong royong, prinsip gotong royong. Jadi prinsip gotong royong adalah kita semua membayar iuran, tidak harus sakit, tapi satu ada saudara kami yang sakit,” kata Nunung di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta Pusat, Senin (4/3).

Nunung memahami kebijakan ini akan menimbulkan baik dan buruk di masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah menerapkan kebijakan ini secara perlahan dan bertahap di beberapa daerah.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Beberapa kegiatan sosialisasi terus digencarkan agar masyarakat lebih memahami prinsip berkontribusi untuk kebaikan bersama.

“Paling tidak memberikan pemahaman bahwa ini adalah tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Melalui akun Instagram resmi BPJS Kesehatan, mereka mengumumkan alokasi kepesertaan BPJS Kesehatan sebagai syarat SKCK yang berlaku mulai Jumat (1/3). Ada enam polda yang sedang melakukan uji coba tahap awal kebijakan ini.

Keenam wilayah tersebut adalah Polresta Barelang, Polsek Batu Aji, Polda Jawa Tengah (Polrestabes Semarang, Polsek Pedurungan), dan Polda Kaltim (Polsek Balkippan, Polres Balikpapan Selatan).

Lalu, Polda Sulawesi Selatan (Polrestabes Makassar, Polres Rappocini), Polda Bali (Polres Denpasar, Polsek Denpasar Selatan), dan Polda Papua Barat (Polres Sorong, Polsek Aimas).

SKCK merupakan surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh kepolisian melalui fungsi intelijen dan keamanan bagi warga negara atau pemohon.

Surat resmi ini berguna sebagai bukti tidak adanya catatan kriminal atau tindak pidana yang dilakukan. Biasanya orang membutuhkan SKCK untuk melamar pekerjaan.

(kr/tsa)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);