Berita Hasil Penghitungan Sementara TPS di Jepang: Prabowo-Gibran Unggul

by


Jakarta, Pahami.id

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabu Subianto Dan Gibran Rakabuming Raka, memperoleh suara terbanyak dalam penghitungan suara sementara pemilu 2024 Di Jepang.

Berdasarkan hasil penghitungan suara sementara yang dilakukan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Wilayah Tokyo dari tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS), calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memperoleh 813 suara.


Pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 1.241 suara dan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 505 suara.

Menurut Ketua PPLN Wilayah Tokyo, Dina Faoziah, hasil penghitungan sementara ini merupakan hasil pemungutan suara yang dilakukan melalui TPS alias pencoblosan langsung di tempat.

Hasil penghitungan suara sementara ini masih belum termasuk penghitungan suara pemilih yang menggunakan cara pos. Ada sekitar 22 pusat pemungutan suara melalui pos di seluruh Jepang.

“22 Pos artinya terdapat 22 KPPSLN (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri) yang melayani pemilih dengan metode pos yang tersebar di seluruh Jepang. Sekretariat kami berlokasi di Tokyo, namun melayani pemilih dari 30 wilayah wilayah kerja PPLN Tokyo,” kata Dina kepada CNNIndonesia.com.

Sementara itu, hasil akhir penghitungan suara sementara PPLN Wilayah Osaka di tiga TPS menunjukkan Anies-Cak Imin memperoleh 409 suara, Prabowo-Gibran memperoleh 531 suara, dan Ganjar-Mahfud MD memperoleh 237 suara.

Di Jepang, pemungutan suara dilakukan dengan beberapa cara, yaitu langsung melalui TPS dan melalui pos.

Berdasarkan data Ketua PPLN Osaka Akhmad Faozan, jumlah warga Indonesia yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui pos di Osaka mencapai 7.174 orang. Jumlah ini jauh lebih besar dibandingkan WNI yang mendaftar sebagai DPT untuk memilih di TPS yang berjumlah 1.879 orang.

“DPT TPS sebanyak 1.879 (orang). Untuk posko 7.174 (orang). [Kemudian] “TPS DPTb (orang) ada 478 orang,” kata Akhmad CNNIndonesia.com, Rabu (14/2).

“Saat ini DPT pos yang kami terima dari PPLN sebanyak 2.215 (orang),” lanjutnya.

Akhmad juga mengatakan, WNI yang hadir untuk memilih langsung di TPS Osaka hanya berjumlah 621 orang. Jumlah tersebut hanya berkisar 35,49 persen dari total DPT TPS.

PPLN di Jepang ada dua, yaitu PPLN Tokyo dan PPLN Osaka. Setiap PPLN mempunyai tiga tempat pemungutan suara langsung (TPS) dan juga menyediakan pemungutan suara melalui pos.

Dengan begitu, hasil pemungutan suara melalui TPS tentunya tidak bisa dijadikan tolak ukur utama mengenai calon presiden dan wakil presiden yang akan memenangkan pemilu 2024 di Jepang.

(blq/rds/bac)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);