Berita Buka-bukaan Dapur Quick Count Litbang Kompas

by


Jakarta, Pahami.id

Pahami.id di dalam Pemilu 2024 bermitra dengan enam lembaga pemungutan suara untuk menampilkan hasil hitung cepat atau hitungan cepatsalah satunya adalah Litbang Kompas.

Apa Faktanya Podcast Politik yang akan ditayangkan pada Selasa (27/2) pukul 19.00 WIB, akan menghadirkan peneliti senior Litbang Kompas Yohan Wahyu dan Komandan Litbang Kompas Slamet JP membuka ‘dapurnya’ dalam menurunkan tim dan besaran dana yang akan mereka lakukan. belanjakan untuk memantau hasil pemilu dan Pilpres 2024.

Dalam podcast ini, Yohan dan JP berbincang tentang pengalaman dan tantangan pengerahan tim untuk penertiban ribuan TPS pada pemilu 2024 di seluruh Indonesia.


Tak hanya itu, mereka juga menceritakan bagaimana cara memantau dan memastikan data yang masuk ke pusat data Litbang Kompas terkait quick count dan exit poll Pemilu 2024 benar-benar akurat.

Sebagai informasi, perhitungan cepat Litbang Kompas pada Pemilu 2024 menggunakan metodologi pengambilan sampel acak bertingkat dan punya margin kesalahan sebesar 1 persen, dengan pembiayaan penuh oleh Mandiri.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Kedua Peneliti Litbang Kompas ini juga memaparkan analisis lonjakan suara pasangan Prabowo-Gibran yang berdasarkan hasil quick count bisa mengungguli Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. .

Di akhir podcast, mereka juga menjelaskan kemungkinan perbedaan antara hasil quick count dengan aktual count Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan diumumkan pada 20 Maret 2024.

Streaming Podcast Fakta Apa! Politiknya bisa disaksikan di laman ini, CNNIndonesia.com atau YouTube Pahami.id pada Kamis (9/11) pukul 19.00 WIB.

(tim/DAL)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);