Berita Australia Ogah-ogahan Kirim Senjata ke Israel, Apa Alasannya?

by


Jakarta, Pahami.id

Australia masih ragu atau menolak mengirim senjata Israel di tengah serbuan tentara Zionis di Jalur Gaza sejak awal Oktober tahun lalu.

Salah satu pertimbangan untuk tidak melanjutkan rencana ini adalah jumlah kematian yang terus meningkat di Gaza hingga lebih dari 26 ribu orang akibat invasi tentara Zionis.


Pemerintahan Perdana Menteri Anthony Albanese telah “menangguhkan” persetujuan untuk mengekspor peralatan militer Australia.

“Tampaknya ada langkah ‘lambat’ yang disengaja dalam segala hal yang berhubungan dengan Israel sementara perang di Gaza terus berlanjut,” kata sumber tersebut seperti dikutip. Al JazeeraKamis (1/2).

Dia kemudian berkata, “Tidak ada seorang pun di pemerintahan yang ingin terlihat menyetujui atau menolak penjualan peralatan militer Israel.”

Sejak invasi Israel ke Palestina, mereka mencoba membeli peralatan buatan Australia, seperti sistem anti-drone. Namun, sumber mengatakan Kementerian Pertahanan tidak memberikan tanggapan resmi selama berbulan-bulan.

Sumber yang mengetahui proses perizinan ekspor senjata Australia juga mengatakan sulit menentukan alasan penundaan tersebut.

Namun, beberapa orang percaya bahwa Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong ikut bertanggung jawab.

“Saya pikir Pertahanan sedang diperas dalam masalah ini karena pemerintah akan mengatakan bahwa mereka tidak menyetujui ekspor militer ke Israel, namun juga memberitahukan kepada Israel bahwa mereka tidak menyetujui ekspor militer ke Israel. [Kementerian] Pertahanan untuk tidak memprosesnya,” kata sumber industri lainnya ABC.

Israel dianggap sebagai pemimpin dunia dalam bidang manufaktur senjata dan jarang mengimpor peralatan militer dari Australia.
Namun, selama beberapa dekade Angkatan Pertahanan Australia telah menjadi pelanggan besar bagi negara timur tengah tersebut.

Menanggapi persoalan ini, Kementerian Pertahanan buka suara. Mereka bersikeras Australia mengawasi kerangka kontrol ekspor yang ketat untuk industri senjata.

“Seperti yang telah dijelaskan oleh pemerintah, Australia belum memasok senjata ke Israel sejak konflik dimulai, dan setidaknya selama lima tahun terakhir,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan.

Australia, lanjutnya, memiliki kerangka kontrol ekspor ketat yang dirancang untuk menjamin barang-barang militer.

(isa/bac)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);