Berita Apa Saja Julukan Negara Indonesia yang Diberikan Dunia?

by

Daftar isi



Jakarta, Pahami.id

Indonesia adalah salah satu negara paling berpengaruh di dunia.

Seperti dilansir dari situs resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia, Indonesia memiliki daya tawar yang cukup besar dalam mengambil keputusan terkait isu bilateral, regional, dan global.

Oleh karena itu, tidak heran jika Indonesia banyak diberi julukan unik oleh negara-negara di berbagai penjuru dunia.


Mau tahu julukan apa yang dunia berikan pada Indonesia? Baca ulasannya di bawah ini:

Zamrud Khatulistiwa

Salah satu julukan Indonesia yang familiar di telinga kita adalah Zamrud Khatulistiwa. Julukan ini diberikan dunia karena letak geografis Indonesia yang berada tepat di garis khatulistiwa.

Oleh karena itu, Indonesia merupakan negara yang terpapar sinar matahari secara langsung dan terus menerus. Hal ini membuat iklim di Indonesia menjadi tropis, seperti dilansir Kedua.

Negara Multikultural

Dilaporkan oleh jurnal berjudul Pendidikan Multikultural di Indonesia: Karakteristik dan UrgensinyaIndonesia disebut sebagai negara multikultural. Sebab Indonesia dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman budaya yang tinggi.

Tercatat Indonesia mempunyai 300 suku bangsa dan 200 bahasa. Selain itu, Indonesia juga mengakui lima agama berbeda yakni Islam, Hindu, Budha, Kristen, dan Katolik. Semua keberagaman itu disatukan dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Paru-Paru Dunia

Indonesia juga dijuluki sebagai Paru-Paru Dunia. Julukan ini diberikan karena Indonesia mempunyai wilayah hutan hujan tropis yang luas. Menurut Institut Sumber Daya Dunia (WRI), sebagian besar penghuni hutan hujan tropis dunia tersebar di seluruh Indonesia.

Indonesia menduduki peringkat ke-3 sebagai negara dengan hutan hujan tropis terluas di dunia setelah Brazil dan Republik Demokratik Kongo yang masing-masing menduduki peringkat ke-1 dan ke-2.

Negeri Seribu Pura

Selain Zamrud Khatulistiwa, Negara Multikultural, dan Paru-Paru Dunia, Indonesia juga dikenal dengan Negeri Seribu Candi. Julukan ini diberikan karena Indonesia memiliki banyak candi yang tersebar di seluruh pulau.

Dilansir situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia, Indonesia memiliki lebih dari 1000 candi yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Tanah Kepulauan Seribu

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia tentunya mempunyai deretan pulau yang luas. Oleh karena itu, selain disebut Negeri Seribu Pura, Indonesia juga disebut Negeri Seribu Pulau.

Dilansir situs resmi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Indonesia saat ini memiliki 17.504 pulau. Dari jumlah tersebut, ada tiga wilayah yang memiliki jumlah pulau terbanyak. Ketiga provinsi tersebut adalah Provinsi Kepulauan Riau (2.408 pulau), Provinsi Papua Barat (1.945 pulau), dan Provinsi Maluku Utara (1.474 pulau).

Surga di bumi

Indonesia juga dikenal sebagai Surga di Bumi. Sebab, Indonesia terhitung sebagai negara yang mempunyai pesona keindahan alam dan keindahan destinasi wisatanya.

Bahkan, dilansir dari situs resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, pada tahun 2022 ini Indonesia juga akan dinobatkan sebagai negara terindah di dunia. Saat itu, Indonesia mengalahkan Selandia Baru dan Kolombia yang masing-masing menempati peringkat ke-2 dan ke-3.

Negara Megabiodiversitas

Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi. Dilansir situs resmi Dana Perwalian Perubahan Iklim Indonesia (ICCTF), negara ini memiliki keanekaragaman hayati terbesar ke-2 di dunia.

Tercatat Indonesia memiliki 25% spesies dunia, 3.429 jenis ikan laut, dan 39% spesies ikan karang. Oleh karena itu, Indonesia disebut sebagai Negara Megabiodiversitas.

(gas/bac)