Mendukung Siklus Data AI, Western Digital Kenalkan Jajaran SSD dan HDD Enterprise Terbaru – Tekno

by

Pahami.id – Untuk mendorong inovasi AI lebih lanjut, Western Digital memperkenalkan lini produk terbarunya yang mendukung AI Data Cycle. Termasuk SSD dan HDD Perusahaan terbaru yang diperkenalkan oleh Western Digital.

AI Data Cycle sendiri merupakan kerangka kerja enam tahap yang dapat secara optimal menentukan kapasitas gabungan beban kerja AI skala besar. Kerangka kerja ini akan membantu pengguna merencanakan dan membangun infrastruktur penyimpanan cerdas, untuk memaksimalkan investasi AI, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi total biaya kepemilikan atau TCO dalam operasi AI.

Model AI bekerja secara melingkar melalui siklus yang terus menghasilkan dan menggunakan data – memproses berbagai data seperti teks, gambar, audio, video, dll., sekaligus menghasilkan data baru yang unik.


Pesatnya perkembangan teknologi AI menciptakan kebutuhan akan sistem penyimpanan dengan kapasitas dan kinerja yang mampu mendukung beban kerja dan kecepatan komputasi yang diperlukan untuk menangani model yang kompleks dan besar, serta mengelola data dalam jumlah besar.

Western Digital secara strategis telah menyelaraskan produk-produk teknologi Flash dan HDD-nya serta berencana untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan di setiap tahap siklus hidup. Kali ini, Western Digital meluncurkan SSD PCIe Gen5 baru dengan performa dan kinerja canggih, untuk mendukung pelatihan dan inferensi AI; SSD 64TB untuk AI Data Lake berkecepatan tinggi; dan ePMR HDD, UltraSMR berkapasitas 32 TB terbesar di dunia untuk penyimpanan skala besar yang hemat biaya.

Tidak dapat disangkal bahwa AI Generatif adalah teknologi transformatif masa depan dan sistem penyimpanan akan menjadi kekuatan pendorong di baliknya. Sistem penyimpanan diharapkan memainkan peran penting karena selain akses data, penyimpanan juga akan berdampak pada kecepatan, efisiensi, dan keakuratan model AI. Terutama, ketika kumpulan data berukuran besar dan berkualitas tinggi menjadi lebih umum. Sebagai pemimpin dalam industri Flash dan HDD, Western Digital memiliki peluang untuk memanfaatkan lanskap AI yang terus berkembang, dengan posisi pasar yang kuat dan portofolio yang luas untuk memenuhi berbagai kebutuhan di semua tahap siklus hidup data AI,” jelas Ed Burns, Direktur Riset IDC.

Data adalah bahan bakar AI. Teknologi AI akan semakin banyak digunakan di semua sektor industri. Oleh karena itu, penyimpanan juga akan menjadi komponen yang semakin penting dan dinamis dalam rangkaian teknologi AI. Kerangka Siklus Hidup Data AI yang baru ini akan membantu pengguna membangun infrastruktur penyimpanan yang akan memengaruhi kinerja, skalabilitas, dan operasi AI. Hal ini sekali lagi menegaskan komitmen kami untuk memberikan nilai terbaik bagi pengguna kami,” jelas Rob Soderbery, Wakil Presiden Eksekutif dan Manajer Umum Unit Bisnis Western Digital Flash.

Western Digital – Siklus Data AI. [Western Digital]

Solusi Penyimpanan Perusahaan AI untuk Beban Kerja Komputasi dan Kapasitas yang Intensif

SSD Ultrastar DC SN861 adalah solusi PCle Gen 5.0 kelas enterprise pertama dari Western Digital yang dilengkapi dengan kemampuan baca acak terdepan dan efisiensi daya unggul untuk beban kerja AI.

Tersedia dalam kapasitas hingga 16TB, SSD ini dapat memberikan kinerja pembacaan acak tiga kali lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya, dengan latensi yang sangat rendah dan tingkat respons yang luar biasa untuk pelatihan dan inferensi Model Bahasa Besar (LLM), serta menjalankan layanan AI. .

SSD ini juga hadir dengan profil daya rendah yang menghasilkan IOPS/Watt lebih tinggi, sehingga mengurangi TCO secara keseluruhan.

Peningkatan kapasitas PCle Gen5 merupakan solusi terhadap meningkatnya permintaan pasar AI akan komputasi berkecepatan tinggi dengan latensi rendah untuk mendukung lingkungan AI yang sangat intensif komputasi. Ultrastar DC SN581 dirancang untuk beban kerja kritis, menyediakan serangkaian fitur yang kaya, yaitu dukungan untuk NVMe 2.0 dan OCP 2.0, 1 dan 3 DWPD, serta garansi terbatas 5 tahun.

Ultrastar DC SN861 memasuki masa pengambilan sampel. Versi U.2 akan diambil sampelnya bulan ini dan akan mulai dikirimkan pada paruh kedua tahun 2024. Detail lebih lanjut tentang faktor bentuk E1.S dan E3.S akan diumumkan akhir tahun ini.

Menemani Ultrastar DC SN861, Western Digital juga menghadirkan jajaran SSD kelas Enterprise, Ultrastar DC SN655 yang dirancang untuk penggunaan penyimpanan intensitas tinggi.

Varian SSD U.3 akan hadir dengan kapasitas hingga 6TB untuk mendukung kinerja dan kapasitas yang diperlukan dalam proses Data Preparation, serta Data Lake yang lebih cepat dan luas. Varian DCSN655 memasuki masa pengambilan sampel. Rincian lebih lanjut tentang perangkat ini akan diumumkan saat dikirimkan tahun ini.

Western Digital juga mengambil sampel ePMR 32TB untuk HDD kelas Enterprise berkapasitas terbesar di industri, dengan beberapa pengguna. Ultrastar DCHC690 UltraSMR HDD Berkapasitas Tinggi dirancang untuk mengelola penyimpanan data skala besar untuk cloud dan pusat data perusahaan. Perangkat-perangkat ini akan memainkan peran penting dalam operasi AI yang memerlukan penyimpanan skala besar dan TCO rendah.

Perangkat 32TB ini melanjutkan kesuksesan generasi sebelumnya, memberikan kapasitas terbesar dengan kualifikasi dan integrasi tanpa batas untuk penerapan AI yang cepat, dengan tetap menjaga keandalan dan ketergantungan. Detail lebih lanjut tentang perangkat tersebut akan diumumkan pada paruh kedua tahun ini.

Setiap tahapan dalam AI Data Lifecycle bersifat unik dengan kebutuhan infrastruktur dan komputasi yang berbeda. Dengan memahami hubungan dinamis antara AI dan penyimpanan data, Western Digital menghadirkan solusi yang tidak hanya menawarkan kapasitas lebih besar, namun juga dirancang untuk mendukung kinerja ekstrem dan ketahanan beban kerja AI generasi berikutnya. Melalui portofolio yang luas, perencanaan jangka panjang, dan inovasi berkelanjutan, tujuan kami adalah membantu pelanggan memaksimalkan kemampuan transformatif AI,” pungkas Soderbery.