Berita Jokowi Kumpul Bareng Ketum Parpol di Akhir Mei, Bantah Bahas Reshuffle

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak menampik pernah menggelar pertemuan dengan beberapa Pimpinan Umum Partai Politik (Parpol) di Indonesia pada akhir Mei 2024. Ia tak menyebut siapa saja pimpinan tertinggi parpol yang ditemuinya.

Namun, Jokowi membantah pertemuan tersebut membahas perombakan atau reshuffle kabinet pemerintahannya yang resmi berakhir pada Oktober 2024.

“Kita bertemu tapi tidak bicara [reshuffle] itu,” kata Jokowi usai meninjau Posyandu Terpadu RW 02 RPTRA Taman Sawo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6).


Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Jokowi kini didukung sejumlah kader partai politik yang menduduki kursi parlemen, kecuali PKS. Namun seperti diketahui, partai politik pendukung Jokowi tak punya satu suara pun di Pilpres 2024, khususnya PDIP.

PDIP dinilai masih berselisih dengan Jokowi hingga saat ini. Hal ini terjadi setelah putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menjadi tandem Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Sementara itu, pada periode keduanya, Jokowi sudah melakukan tujuh kali perombakan kabinet. Terakhir kali, Jokowi menunjuk Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan pada Februari 2024.

Hadi menggantikan Mahfud MD yang maju sebagai calon wakil presiden Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Jabatan Menteri ATR/BPN yang sebelumnya dijabat Hadi kemudian diisi oleh Agus Harimurti Yudhoyono yang juga merupakan Ketua Umum Partai Demokrat.

(kha/ugo)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);