Sejarah Facebook: Perjuangan Panjang Seorang Mark Zuckerberg – Sejarah

by

Kamu si penggemar dunia maya yang sering mengunjungi berbagai situs dan sebagai tempat nongkrong kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan situs jejaring sosial yang satu ini bukan. Hampir seluruh orang menggunakan facebook sebagai teman media sosial mereka untuk terhubung dengan orang-orang jauh ke belahan dunia. Bahkan dapat dipastikan sekarang banyak orang khususnya para anak muda betah dengan pandangan mereka yang tetap terpaku ke layar komputer atau ponsel mereka. Karena adanya media sosial yang selalu setia menemani mereka. Begitu pun juga dengan akun facebook yang betah dihadapkan ke depan wajah untuk mengulik-ulik atau bahkan sekadar pasang status atau cek status orang lain.

Sejarah Facebook

Facebook, Siapa sih yang tak kenal facebook? Salah satu media sosial yang terpopuler di dunia saat ini. Lalu, apa kalian sudah tahu bagaimana asal mula facebook? Sejarah lahirnya facebook? Hingga sejarah-sejarah Mark Zuckerberg mengenai facebook ini? Yuk kita simak artikel kali ini yang akan membahas mengenai sejarah facebook. Jadi, kamu tidak hanya menggunakan facebook sebagai jejaring sosial kamu saja, melainkan kini kamu perlu mengetahui bagaimana sejarah facebook sebenarnya bukan.

Baca juga: Sejarah Freeport

Tahu nggak kamu, kalau sebelum facebook.com, dulunya ternyata menggunakan nama TheFacebook.com? cukup unik dan aneh sih yang kita dengar, karena baru ini kita mendengar situs tersebut. Maka dari itu, simak terus artikel ini yang akan mengupas sejarah facebook. Kamu akan tahu tentang bagaimana perkembangan facebook karena sudah membaca sejarah facebook di artikel ini.

TheFacebook.com ini awalnya hanya merupakan salah satu media sosial dengan skala kecil yaitu hanya sebatas lingkungan sekolah dan kampus saja. Tidak seperti sekarang yang beralih nama menjadi facebook.com menjadikan dirinya menjadi media sosial yang cakupannya lebih meluas hingga seluruh dunia menggunakan media facebook.com sebagai media sosial mereka. Bahkan dari berbagai usia dan kalangan pun mulai banyak yang menggunakan jejaring sosial ini.

Bahkan sebelum menggunakan nama facebook.com, sempat beberapa nama yang dijadikan oleh Mark ini pada media sosial yang diciptakannya. Yuk kita simak nama-nama sebelum lahirnya facebook.com. jadi, kita perlu tahu bagaimana sih facebook ketika lahir, apakah ia langsung punya nama facebook, atau ada nama lain? Mari kita simak! Bagaimana sih perkembangan sejarah facebook dari terciptanya hingga sekarang yang bisa menggaet jutaan orang untuk mengakses situs jejaring ini?

Saat itu, Mark Zuckerberg masih sebagai mahasiswa Harvard University semester 2. Diawali dengan membuat situs kontak jodoh untuk teman-teman kampusnya yang terinspirasi dari situs ‘Hot or Not’. Hingga ia membuat situs yang bernama facemash.com. di dalam situs tersebut terdapat foto sepasang yaitu pria dan wanita, yang mana nantinya foto sepasang itu akan dipilih oleh pengguna akun situs dan dipilih, pasangan tersebut ‘hot’ atau tidaknya. Lalu, Mark pun berinisiatif mengumpulkan beberapa foto teman-temannya dengan sistem keliling ‘door to door’ untuk meminta foto satu persatu.

Karena hal itu dinilai tidak efektif, maka Mark pun nekat membobol akses jaringan komputer Harvard University. Bayangkan saja, mahasiswa yang masih semester 2 berhasil membobol sistem komputerisasi kampus hingga ia mendapatkan banyak foto-foto teman-teman kampusnya.

Karena ulahnya itulah Mark dinilai kriminalisasi hingga ia dituntut untuk segera memblokir situsnya yang masih bernama facemash.com itu. Mark diancam Drop Out jika tidak segera menghapus situs tersebut. Ternyata tidak hanya di Negara kita saja, orang berbakat banyak yang mengucilkan, di Negara lain pun juga demikian. Ya, walaupun ancaman tersebut hanya gertakan semata agar Mark menuruti pihak kampus. Hingga Mark pun pernah berkata sebagai bahan pembelaannya.

Baca juga: Sejarah OSIS

Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri. Dan ia juga menambahkan cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs serupa. Hal itu terbukti, mengenai kepopularitasan Harvard menjadi naik, ketika Mark berhasil menciptakan facebook.com.

2003: facemash.com

Seorang mahasiswa Psikologi Universitas Havard yang bernama Mark Zuckerberg ini telah berhasil menciptakan jaringan sosial yang bernama facemash.com pada tanggal 23 Oktober 2003 melalui eksperimennya dalam menciptakan jaringan sosial. Mark mencoba membuat inovasi baru berinteraksi atau bersosial dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dimasa itu.

Facemash.com ini sebatas situs yang hanya mampu membandingkan gambar (mahasiswa) mana yang cantik dan mana yang tidak. Kebanyakan pengunjung facemash.com ini hanya dari mahasiswa Havard saja, sehingga bisa dikatakan bahwa facemash.com ini merupakan jaringan sosial yang masih berskala kecil, yaitu hanya lingkungan mahasiswa Havard saja. Jadi, Facemash.com ini mungkin tidak seperti facebook.com yang saat ini menjadi situs jejaring sosial yang mendunia.

Baca juga: Sejarah Catur

Situs facemash ini mampu menggaet 450 pengunjung sebagai pengguna jejaring sosial ini. Bukan hanya itu, situs jejaring sosial ini pun juga mampu menampilkan hingga 22 ribu foto di setiap empat jamnya. Sesuatu yang tak lazim untuk orang normal pada umumnya membuat situs jejaring sosial ini.

Facemash.com sendiri juga menampilkan foto-foto perempuan atau laki-laki yang merupakan mahasiswa Harvard saja. Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana Mark bisa mendapatkan beberapa foto tersebut untuk ditampilkan dalam facemash.com? Apakah dia memotret diam-diam? Tapi, itu hal yang tak mungkin dilakukan oleh Mark yang memiliki inteletual yang tinggi. Tentunya Mark memiliki cara yang lain dan lebih pintar untuk melakukan hal itu.

Mark mendapatkan beberapa foto mahasiswa Harvard ini dengan melakukan pembobolan hack pada database Universitas Harvard. Karena perbuatan ini merupakan perbuatan tercela, dan juga mengganggu privasi orang, maka beberapa mahasiswa ada yang protes pada Mark untuk segera menutup situs ini. Selain mengganggu privasi orang, Mark juga melakukan tindakan melanggar moral dengan memasang beberapa foto mahasiswa tanpa adanya izin dari pemilik foto tersebut.

Bahkan juga terdapat rumor mengenai Mark yang akan dikeluarkan dari Universitas Harvard karena telah melanggar hak asasi manusia mengenai privasi seseorang. Namun, hukuman tersebut telah dibatalkan dan tidak ada yang tahu sampai sekarang bagaimana Mark mengatasi hal demikian. Namun, hal itu hanya dianggap sebagai rumor semata, sehingga permasalahan tidak menjadi semakin keruh dan tidak ada orang yang menggubrisnya.

Situs itu pun akhirnya ia tutup, walaupun sempat membuktikan pada banyak orang bahwa masih banyak orang yang membuka situs tersebut untuk melihat beberapa foto mahasiswa Harvard.

Usut punya usut, Mark membuktikan keberhasilan mengenai TheFacebook ini bermula dari ujian semester miliknya yang mendapatkan tugas membuat peralatan studi sosial untuk lulus ujian final mata kuliah Sejarah Seni. Ia mencoba mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya yaitu Thefacebook.com ini, dengan per gambar per halaman terdapat kolom komentar. Hingga foto lukisan tersebut tersebar ke seluruh teman-teman sekelasnya. Akhirnya dengan adanya penyebaran foto dan kolom komentar tersebut, Mark berhasil membuat kegiatan yang saling berbagi catatan dan komentar terkait lukisan tersebut. Dari situlah, Mark pun mulai mendapat dukungan orang-orang sekitar khususnya teman-teman sekampus untuk membuat situs jejaring sosial untuk wilayah kampusnya yaitu Harvard University.

2004: TheFacebook.com

Dengan adanya insiden facemash.com pada tahun 2003, Mark tidak berhenti di situ saja. Ia malah ingin mengembangkan inovasi tersebut dengan membuat jaringan sosial yang modelnya meniru dari Friendster.com. Hingga pada tanggal 11 Januari 2004, Mark berhasil mendaftarkan domain thefacebook.com ini sebagai situs jejaring sosial.

Mark sendiri juga mengakui ingin menciptakan situ jejaring sosial yang mampu menghubungkan orang-orang di dalam Universitasnya. Bahkan ia dan teman-teman kampusnya mampu mengimplementasikan hal ini dalam waktu seminggu saja. Berbeda dengan pihak kampus Harvard sendiri yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengimplementasikannya.

Sehari setelah situs ini diterbitkan, TheFacebook.com mampu menarik 1200 mahasiswa Harvard untuk mendaftarkan diri mereka sebagai pengguna TheFacebook.com. Dan jumlah segitu merupakan setengah dari jumlah seluruh mahasiswa tingkat akhir di Universitas Harvard. Sungguh fantastis bukan? Mark mampu menggaet banyak mahasiswa dalam menggunakan situs ini sebagai penghubung orang-orang melalui internet.

Setelah seminggu kemudian, Mark ternyata juga mengembangkan situs lain yaitu HarvardConnection.com untuk Cameron Winklevoss. Namun, Tyler Winkelvoss dan Divya Narendra menuntut Mark karena diduga telah mencuri ide mereka terkait adanya facebook.com. Dan pada akhirnya, Mark bersama teman-temannya yang juga ikut melahirkan facebook, telah menyelesaikan kasus tersebut hingga selesai dengan solusi yang dirahasiakan oleh kedua pihak. Sampai sekarang, belum ada yang mengetahui bagaimana solusi dari kedua belah pihak.

Sean Parker Berinvestasi

Tak lama dari peluncuran dan perkembangan facebook.com, ternyata Sean Parker yang merupakan co-founder dari Napster ini telah tertarik dengan ide Mark dan kawan-kawannya itu. Ia mengaku tertarik karena setelah melihat situs TheFacebook.com di komputer pacarnya. Dengan adanya itu, maka Sean memutuskan untuk meluncur ke New York untuk bertemu dengan Mark. Hingga pada akhirnya, Mark dan kawan-kawannya memutuskan untuk menjadikan Sean Parker sebagai penasihat TheFacebook.com, walaupun secara tidak resmi dan formal.

Peter Theil sebagai founder PayPal telah berinvestasi sebesar $ 500 ribu USD ke facebook.com di bulan Juni tahun 2004. Investasi itu merupakan investasi pertama yang diterima oleh facebook.com dan digunakan pembelian saham 10% saham perusahaan oleh Peter. Di waktu yang sama, Sean Parker telah diangkat menjadi presiden dari perusahaan tersebut. Hingga TheFacebook.com berkembang hingga ke luar kampus pada tanggal 30 Desember 2004, hingga mampu menggaet 1 juta pengguna.

Baca juga: Sejarah Gitar

2005 – 2009: facebook.com

TheFacebook.com mengeluarkan uang sebesar $ 200 ribu USD untuk mengganti nama domain menjadi facebook.com pada bulan Agustus 2005. Hal ini menarik perhatian Apple dan Microsoft, hingga mereka mau berinvestasi di perusahaan tersebut. Facebook.com telah menyebar ke seluruh Amerika, Kanada, Meksiko, Australia, New Zealand, dan Irlandia pada akhir tahun 2005.

Hingga seiring berjalannya waktu, seiring berkembangnya teknologi yang semakin inovatif khususnya jejaring sosial, facebook mulai mengalami kemerosotan. Hingga akhirnya ia menjual beberapa sahamnya agar pendapatan tetap mengalir. Dan pada tahun 2009, facebook pun mulai stabil kembali pendapatannya ke angka yang positif.

2010 – 2012: Film dan Aukuisisi Instagram

Facebook mulai berkembang kembali dengan membuat film dokumentasi ‘The Social Network’ yang disutradarai oleh David Fischer pada tahun 2010. Film tersebut telah menceritakan tentang sejarah facebook dari berdirinya hingga berkembangnya dan juga mengkisahkan tentang kehidupan Mark Zuckerberg sebagai pendiri facebook.com

Semakin ke sini, facebook mulai terasa perkembangannya, hingga facebook merilis aplikasi iPad dan bekerjasama dengan Skype dan Heroku. Facebook telah mengubah interface dengan basis Timeline, halaman log in dan profil akun. Tak cukup itu saja, pada tahun 2012 facebook.com membeli instagram seharga $ 1 Miliar USD hingga facebook berhasil menggaet 1 miliar pengguna. Dan Mark Zuckerberg pun berhasil mendapatkan 22% kepemilikan facebook.

2013: Bersaing dengan Google

Semakin canggihlah teknologi dan tools pada facebook.com. di Januari 2013, facebook mulai meluncurkan tools baru berupa Pencarian Graph yang dapat digunakan pengguna facebook dalam mencari apa yang ingin mereka cari berdasarkan teman akun facebook mereka. Tools atau mesin pencarian ini mampu memberikan pemilik akun mendapatkan sesuatu yang menarik seperti restoran, music dan sebagainya melalui teman akun facebook.

Dapat dikatakan bahwa facebook mulai merambah dari jejaring sosial menjadi mesin pencari yang mampu menyaingi google sebagai search engine. Bahkan di tahun yang sama, Mark juga meluncurkan kembali TheFacebook dengan domain yang berbeda yaitu thefacebook.us. Namun hal ini tidak banyak yang tahu.

Baca juga: Sejarah Sepak Bola

Waktu ke Waktu

  • 24 Oktober 2007. Microsoft memutuskan untuk membeli 1,6% saham facebook dengan nilai sebesar $ 240 juta USD. Dengan adanya keputusan ini, maka Microsoft pun mendapatkan hak dengan meletakkan iklan internasional di facebook.
  • 28 Oktober 2008. Facebook membuka kantor pusat Internasional di Dublin, Irlandia.
  • Maret 2010. Popularitas facebook mengalahkan Google dengan banyaknya jumlah pengunjung setiap harinya.
  • November 2010. Facebook dapat menyaingi bahkan mengalahkan eBay dengan nilai $ 41 Miliar, hingga facebook dinobatkan sebagai perusahaan web terbesar nomor 3 di Amerika Serikat setelah Google dan Amazon.
  • Maret 2011. Facebook menghapus lebih dari 20 ribu akun setiap harinya dengan berbagai alasan seperti akun yang sering mengeluarkan konten tidak pantas untuk public, SPAM, hingga pemakaian di bawah umur.
  • Juni 2011. Menurut DoubleClick, Facebook mampu menggaet pengunjung sebanyak 1 triliyun tamilan halaman saat diakumulasikan dan akhirnya facebook dicatat sebagai situs web yang paling banyak pengunjungnya. Perlu diingat juga, google dan beberapa situs lainnya tidak dimasukkan ke dalam kategori situs web yang dihitung statistic pengunjungnya melalui DoubleClick.
  • Desember 2011. Menurut Nielsen Media Research, Amerika Serikat, facebook dinobatkan sebagai situs web nomor 2 yang paling banyak diakses. Hal ini membuktikan bahwa facebook sudah melampui atau mengalahkan traffic Amazon pada waktu itu.
  • Awal Mei 2012. Facebook mengakuisisi perusahaan baru yaitu Glancee yang juga beroperasi di bidang penjelajahan sosial.
  • Pertengahan Mei 2012. Facebook telah mengadakan penawaran umum yang dilakukan pertama kali dengan harga awal saham sebesar $ 38 per lembarnya. Sehingga, jika dihitung dan diakumulasikan, nilai perusahaan facebook ini bisa mencapai $ 104 Miliar dan membuatnya menjadi perusahaan umum (public) yang terbesar sepanjang sejarah dunia perusahaan. Setelah IPO (Initial Public Offering), Mark memperoleh 22% saham facebook dan 57% hak suara. IPO berhasil menggalang dana sebesar $ 16 miliar. Sehingga membuat IPO ini menjadi yang terbesar nomor 3 dalam sejarah saham di Amerika. Saham facebook mulai diperdagangkan, dan beberapa hari setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission telah menyelidiki proses pelaksanaan IPO. Namun, tak banyak yang tahu bahwa setelah itu, pertumbuhan facebook mulai melemah. Hal ini tidak diungkapkan secara langsung dan tidak semua pemegang saham tahu mengenai hal ini terkait hal itu.

Hingga kini, facebook masih digunakan oleh banyak pengguna dan penikmat internet di dunia cyber. Bahkan facebook akan terus mengembangkan ide-idenya yang berinovasi dan semakin kreatif di setiap masanya. Tunggu saja perkembangan facebooknya. Oya, perlu diketahui juga bahwa konsep atau inovasi facebook sebagai situs jejaring sosial ini mulai banyak yang meniru konsepnya. Salah satu contohnya adalah Negara Indonesia yang memunculkan situs jejaring sosial yang bernama Kwikku.com.

Bagaimana? Sudah paham dan tahu asal mula atau sejarah dari facebook? Jadi, kamu tidak hanya menggunakan situs itu saja bukan? Kini kamu sudah mengetahui sejarah dari situs yang sering kamu gunakan. Situs yang membuat orang jauh menjadi dekat alias mendekatkan yang jauh.

Menurut data search engine, saat ini terdapat lebih dari 170 juta orang memiliki akun facebook yang rata-rata memiliki 100 teman di dalam akunnya. Bahkan jika diakumulasikan, facebook ini telah diakses oleh semua orang sekitar 3 miliar menit per harinya dan lebih dari 15 juta pengguna facebook yang meng-update status mereka.

Tak hanya itu, facebook pun kini menjadi banyak dijadikan sebagai bahan penelitian mahasiswa di dalam  penelitiannya seperti skripsi, tesis, dan disertasi. Entah dikaji dari bahasanya, codingnya atau bahkan etika sosialnya. Maka tak heran jika facebook kini menjadi media sosial nomor satu di dunia yang dapat menyaingi youtube dan media sosial lainnya.

Padahal, awal terciptanya facebook ini saat masih menjadi situs TheFacebook.com hanya sebatas ruang lingkup mahasiswa Harvard saja. Tak terbayang, jika kini facebook menjadi sesuatu yang ruang lingkupnya hingga mendunia. Atau jangan-jangan di luar angkasa ada juga yang menggunakan situs ini? Jadi, apakah artikel ini bermanfaat bagimu yang sudah sering menggunakan facebook sebagai teman nongkrong kamu? Jika iya, mari kita bagikan artikel sejarah facebook ini ke teman-temanmu agar mereka juga tahu bagaimana sejarah facebook.

Baca juga: Sejarah Kota Bandung

Facebook sendiri sudah dinobatkan sebagai salah satu situs jejaring sosial yang dapat menyaingi situs jejaring sosial lainnya seperti MySpace, Multiply, Yuwie dan lain-lain. Bahkan Friendster yang merupakan sumber inspirasi facebook pun juga dapat dikalahkan. Hingga kini Friendster banting setir menjadi situs game bukan situs jejaring sosial lagi yang merupakan tempat bertukar informasi melalui dunia digital.

Tak ada yang menyangka bahwa Mark yang melahirkan facebook di tanggal 4 Februari 2006 ini telah berhasil membuat facebook menjadi mendunia. Usut punya usut, bahwa facebook ini terinspirasi dari sebuah istilah di kalangan kampus se Amerika serikat yang tujuannya saling mengenal antar sesama aktivis kampus di bidang akademik. Sehingga, tak heran jika facebook dulunya diciptakan hanya sebatas kampus Harvard saja. Setelah kalangan mahasiswa Harvard saja, facebook mulai menjamur ke berbagai kampus wilayah lainnya seperti Boston Collage, Boston University, Northeastern University, Tuft University, hingga ke kampus-kampus lainnya seperti Rochester, NYU, Northwestern, and Ivy League, dan lain sebagainya. tak hanya sebatas itu, facebook juga mulai meluas kembali hingga ke seluruh kampus-kampus yang ada di Amerika Serikat, khususnya kampus-kampus besar atau kampus-kampus berskala internasional.

Dengan hal itu, akhirnya Mark mencoba memvalidasikan facebook agar dapat diakses oleh seluruh orang di seluruh dunia pada tanggal 11 Septermber 2006. Tak ada yang menyangka bukan? Semua orang dapat mengakses dan mendaftarkan diri ke situs ini karena pendaftarannya yang cenderung mudah dan hanya melalui validasi berupa email, walaupun saat ini Mark mencoba membatasi usia untuk pengguna akun facebook.