Terkini Agnez Mo, Berikut 7 Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya – Viral

by

Pahami.id – Tak sedikit penyanyi yang dilarang membawakan lagu-lagu hits yang sempat dipopulerkannya. Larangan ini terjadi karena masalah hak cipta serta larangan khusus yang dikeluarkan oleh pencipta lagu.

Larangan penyanyi membawakan lagu-lagu hitsnya membuat penggemar kesal. Sebab lagu ini sangat lekat dengan penyanyinya.

Dari penyanyi country Taylor Swift hingga yang terbaru Agnes Mo dan Stinky, hal ini pernah terjadi. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut daftar artis yang dilarang menyanyikan lagu lamanya.

1. Taylor Swift

Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. (Instagram/taylorswift)

Penggemar Taylor Swift sangat kecewa karena idolanya dilarang membawakan lagu-lagu lamanya. Apalagi lagu-lagu yang dirilis saat artisnya masih bernaung di bawah Big Machine Records.

Larangan tersebut dikeluarkan oleh mantan pimpinan Big Machine Records Scott Borchetta dan Scooter Braun pada tahun 2019. Hak atas lagu-lagu lama Taylor Swift setelah album Fearless dipegang oleh Big Machine Records. Pemicu larangan tersebut karena Taylor meninggalkan Big Machine pada tahun 2018.

Taylor Swift akhirnya merekam ulang semua album lamanya di bawah Big Machine Records menggunakan konsep Taylor Version sehingga dia bisa menyanyikan lagu-lagu hitnya.

Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. (Instagram/taylorswift)

2. Kris Dayanti

Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya.  (Instagram/krisdayantilemos)
Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. (Instagram/krisdayantilemos)

Usai putus dengan Anang Hermansyah, Krisdayanti dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. Bahkan, lagu lawas Anang menjadi salah satu poin yang membawa Kris Dayanti ke puncak kesuksesan.

Anang Hermansyah melarang keras mantan istrinya menyanyikan lagu ciptaannya. Kris Dayanti sendiri tak keberatan dengan larangan yang diterimanya.

Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. (Instagram/krisdayantilemos)

3.Mulan Jameela

Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya.  (Instagram/mulanjameela1)
Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. (Instagram/mulanjameela1)

Pada tahun 2007, Mulan Jameela dilarang membawakan lagu lamanya yang dipopulerkan bersama Ratu. Alasan Mulan Jameela dilarang menyanyikan lagu lamanya adalah karena masalah hak cipta.

Pasalnya hak cipta lagu lama tersebut dipegang oleh label Queen yang digawangi Maia Estianty. Jika Mulan ingin menyanyikan lagu tersebut, ia harus membayar royalti sebesar Rp 1 juta untuk setiap lagunya.

Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. (Instagram/mulanjameela1)

4. Anji

Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya.  (Instagram/duniamanji)
Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. (Instagram/duniamanji)

Setelah keluar dari grup Drive, Anji dilarang menyanyikan lagu-lagu grup yang membesarkan namanya. Hal ini terjadi pada tahun 2011, ketika staf Drive menuduh Anji menyanyikan lagu hit Drive. Anji sendiri membantah tudingan tersebut dan mengaku hanya menyanyikan dua lagu dan itu merupakan ciptaannya sendiri.

Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. (Instagram/duniamanji)

5. Sekali Mekel

Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya.  (Instagram/oncemekelofficial)
Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. (Instagram/oncemekelofficial)

Secara mengejutkan Ahmad Dhani mengeluarkan larangan terhadap Once Mekel menyanyikan lagu Dewa 19. Larangan ini terungkap pada Maret 2023 karena Dhani tak lagi ingin menggelar konser yang menampilkan lagu Dewa 19 saat pihaknya sedang tur.

Ahmad Dhani memang memegang hak cipta atas lagu-lagu hits Dewa 19. Namun, Once Mekel tetap bisa menyanyikan lagu-lagu ciptaan Dhani dari Ahmad Band, TRIAD, atau lagu yang ditulis untuk penyanyi lain seperti Reza Artamevia.

Apabila Once melanggar dan tetap menyanyikan lagu Dewa 19, Once akan mendapat sanksi dengan nominal maksimal Rp 1 miliar.

Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. (Instagram/oncemekelofficial)

6.Agnes Mo

Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya.  (Instagram/agnezmo)
Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. (Instagram/agnezmo)

Penyanyi cantik Agnez Mo menjadi pusat perhatian usai dilarang membawakan beberapa lagu kesayangannya ciptaan Ari Bias. Larangan tersebut diungkapkan Ari Bias pada (28/12/2023).

Beberapa lagu yang dilarang dinyanyikan Agnez Mo adalah Bilang Saja, Aku Di Sini, Bukan Milikmu Lagi, dan Tak Akan Sampai Di Sini. Menurut Ari Bias, pihaknya sudah menginformasikan izin langsung tersebut akan berlaku mulai Juli 2023, namun Agnez Mo belum memberikan respons positif.

Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. (Instagram/agnezmo)

7. Stinky dan Andre Taulany

Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya.  (Instagram/andreasaulany)
Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. (Instagram/andreasaulany)

Berikutnya ada band Stinky dan Andre Taulany yang dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. Larangan tersebut dikeluarkan Ndhank Surahman Hartono pada (31/12/2023). Dialah pencipta lagu Maybe yang merupakan lagu terpopuler Stinky.

Andre Taulany sendiri masih cukup sering membawakan penggalan lagu tersebut di beberapa acara. Larangan itu disampaikan Ndhank dalam video yang diunggah ke Instagram.

Artis dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya. (Instagram/andreasaulany)

Adakah penyanyi favoritmu dari daftar artis yang dilarang membawakan lagu lamanya?

Kontributor: Safitri Yulikhah