Indonesia. Bersama, Jakarta – Platform belanja Tokopedia menampilkan data tren belanja online di Tokopedia untuk tahun 2022. Di tahun tersebut, animo masyarakat untuk menggunakan aplikasi Tokopedia terbilang masih tinggi. Produk rumah tangga, makanan dan minuman, kesehatan, elektronik dan fashion menjadi kategori produk yang paling diminati.
Tokopedia menyebutkan peningkatan transaksi melalui fitur Terlayani meningkat 2,5 kali lipat. Produk seperti popok bayi, sembako dan deterjen menjadi produk yang paling banyak dibeli.
“Kami juga melihat penjual yang menggunakan layanan pemenuhan pesanan Tokopedia mengalami peningkatan penjualan rata-rata lebih dari 2,5 kali lipat,” kata Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.
Sedangkan beras, telur ayam, mi instan, dan roti menjadi produk terlaris melalui fitur Tokopedia Now, yaitu fitur layanan yang menyediakan pengiriman produk setiap hari dalam jangka waktu maksimal 2 jam. “Data internal kami mencatat pengguna yang menggunakan Tokopedia Now meningkat lebih dari 10 kali lipat,” ujar Ekhel.
Konsumen juga memanfaatkan berbagai produk atau jasa untuk memenuhi berbagai kebutuhan lainnya, salah satunya membayar pajak. Sepanjang tahun 2022, Penerimaan Negara, PBB dan E-Samsat merupakan jenis pajak yang paling banyak dibayarkan melalui Tokopedia.
“Kami melihat penjualan voucher makanan di Tokopedia meningkat 6,5 kali lipat. Peningkatan signifikan juga terjadi pada penjualan tiket acara yang melebihi 15 kali lipat,” kata Ekhel.
Item opsional Gen Z
Menurutnya, belanja online masih menjadi pilihan masyarakat termasuk generasi Z atau Gen Z yang berusia 18-24 tahun. Sepanjang tahun 2022, misalnya, kategori kesehatan, kecantikan, fashion, handphone dan gadget, serta makanan dan minuman akan paling banyak dicari oleh Gen Z di Tokopedia.
“Gen Z cenderung memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya tetap menerapkan protokol kesehatan. Pada kategori Kesehatan di Tokopedia misalnya, produk masker medis, jamu, dan tisu menjadi best seller di kalangan Gen Z di tahun 2022,” jelasnya.
Selain menjaga kesehatan tubuh, Gen Z cenderung menjaga kesehatan wajah. Hal ini terlihat dari serum wajah, krim wajah, dan pencuci wajah yang menjadi produk yang paling banyak dibeli oleh Gen Z melalui kategori Kecantikan di Tokopedia.
Gen Z juga suka tampil gaya, di subkategori Fesyen Wanita. Tas selempang, syal segi empat, dan sandal menjadi produk terlaris, sedangkan pada subkategori Fashion Pria, kaos, sepatu, dan kemeja menjadi produk terlaris Gen Z melalui Tokopedia.
“Gen Z biasanya begitubelanja berbagai produk elektronik. Kabel data, perangkat android dan pelindung layar telepon selular menjadi salah satu produk terlaris di kalangan Gen Z melalui kategori Handphone dan Gadget. Sedangkan untuk kategori Food and Beverage, Gen Z paling banyak membeli mie instan, keripik, biskuit, dan wafer,” ujarnya.
Pilihan Editor: Kenali Gen Z dan semua karakternya