Bobon Santoso Beri Respons Menohok saat Diminta Masak untuk Pengungsi Rohingya, Tawarkan Menu Nyeleneh – Viral

by

Pahami.id – diagram pemberi pengaruh Bobon Santoso belakangan ini menjadi sorotan. Kali ini Bobon dengan tegas menolak membuat konten kuliner di Aceh untuk menyediakan makanan bagi pengungsi Rohingya.

Bermula saat Bobon Santoso mengunggah cuplikan konten podcastnya bersama Praz Teguh pada 5 Desember 2023. Sebenarnya Bobon dan Praz membahas tema lain tentang bagaimana pembuat konten menggunakan segala cara untuk mendapatkan pengikut atau pelanggan baru.

Hanya saja di kolom komentar, beberapa warganet mengatakan hal yang di luar konteks. Mereka meminta Bobon Santoso memasak untuk pengungsi Rohingya di Aceh.

“Bukankah Bobon mau memasak di Aceh untuk Rohingya?” tanya seorang netizen.

Saat itu Bobon Santoso langsung membalasnya dengan jawaban tegas. Menurut Bobon, ada kelompok yang lebih berhak mendapat bantuan dibandingkan pengungsi Rohingya.

“Lebih baik memasak untuk sanak saudara di Papua,” kata Bobon Santoso.

Bobon Santoso bahkan memberikan tanggapan pedas ketika netizen bersikeras memintanya memasak untuk pengungsi Rohingya.

“Warga Rohingya di Aceh menunggu jamuan makan besar Bobon Santoso,” kata netizen.

“Apakah kamu ingin sup kecubung?” kata Bobon Santoso.

Diberitakan, rombongan pengungsi Rohingya datang ke Indonesia sejak November 2023. Sudah ada sekitar tujuh kapal yang berlabuh di Aceh dengan penumpang diperkirakan mencapai ribuan orang.

Fenomena kedatangan pengungsi Rohingya sendiri menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Aceh.

Tidak semuanya menerima keberadaan pengungsi karena sebagian dari mereka kurang menghormati penduduk setempat.

Santoso yang bodoh. (Instagram/@bobonsantoso)

Selain itu, lokasi penampungan pengungsi Rohingya juga sudah melebihi kapasitas. Hal ini mengakibatkan antrean panjang untuk menggunakan fasilitas MCK sehingga memaksa pengungsi untuk buang air besar sembarangan dan mengganggu kenyamanan warga sekitar.

Selain Bobon Santoso, sejumlah tokoh masyarakat juga mulai mengkhawatirkan kedatangan pengungsi Rohingya. Salah satunya Kiky Saputri yang mempertanyakan peran pemerintah di balik keributan tersebut.

“Hampir setiap hari kapal pengungsi Rohingya datang, adakah tindakan atau keputusan dari pemerintah untuk mengatasi hal ini?” tulis Kiky Saputri dikutip Pahami.id dari akun Twitter atau X pribadinya, Senin (11/12/2023). (Adiyoga Priyambodo)