Berita Viral Profil Opie Kumis, Nyaleg DPRD DKI Modal Rp25 Juta

by

Pahami.id – Opie Kumis menjadi salah satu artis yang berlaga di Pemilu Legislatif 2024. Opie Kumis maju sebagai Calon DPRD Provinsi DKI Jakarta Dapil DKI Jakarta VI dari PAN.

Hingga Rabu (21/2/2024), Opie Kumis tercatat berhasil mengumpulkan 1.539 suara sementara berdasarkan 2.874 data atau sekitar 48,02 persen dari TPS yang sudah masuk. Opie Kumis memperoleh suara terbanyak kedua dari 10 calon legislatif DPRD DKI Jakarta daerah pemilihan Jakarta VI dari PAN.

Soal biaya kampanye, Opie Kumis terus terang mendapat banyak bantuan dari Eko Patrio yang juga kader PAN. Selain itu, Opie Kumis ‘hanya’ menambah modal dengan menjual salah satu burung murai miliknya seharga Rp 25 juta untuk dimakan bersama tim sukses.

Lantas bagaimana kisah komedian Opie Kumis yang akhirnya merambah dunia politik? Simak profil Opie Kumis di bawah ini.

1. Biodata dan Agama Opie Kumis

Profil Opie Kumis (Instagram/@opiekumis17)

Opie Kumis merupakan nama panggung dari H. Muchtar Luthfi, seorang komedian kelahiran Jakarta, 17 Maret 1960. Dari gelar Haji yang disandangnya, agama Opie Kumis dipastikan Islam.

Identitas keluarga Opie Kumis tidak pernah dipublikasikan. Namun Opie Kumis yang berasal dari Betawi diketahui memiliki seorang adik laki-laki.

2. Perjalanan Karir Opie Masai

Profil Opie Kumis (Instagram/@opiekumis17)
Profil Opie Kumis (Instagram/@opiekumis17)

Berdasarkan data Wikipedia, Opie Kumis memulai karirnya di dunia hiburan pada tahun 1991. Namun namanya hanya tercatat membintangi acara televisi lewat “Kompor Diamor” pada tahun 1995.

Banyak orang mengira nama panggung Opie Kumis karena kumisnya yang menghiasi bagian atas bibirnya. Namun sebelumnya, Opie tidak berkumis.

Atas saran seorang tokoh bernama Haji Arun, Opie Kumis diminta mencari catel (sejenis laba-laba) di pohon salak. Ketel kemudian ditempatkan di atas wajan untuk menghilangkan minyak.

Minyak yang dihasilkan dari catel yang mati kemudian dioleskan pada bibir Opie Kumis. Alhasil, kumis justru tumbuh di bibir Opie Kumis.

Nama Opie Kumis mulai dikenal saat membintangi sinetron “Lorong Waktu” season 2 pada tahun 2000. Peran Opie Kumis dalam acara “Pesbukers” cukup menonjol.

Selain sinetron, acara televisi dan FTV, Opie Kumis juga merambah layar lebar. Sekitar 20 film layar lebar telah dibintangi Opie Kumis hingga tahun 2024.

3. Masuki dunia politik

Profil Opie Kumis (Instagram/@opiekumis17)
Profil Opie Kumis (Instagram/@opiekumis17)

Opie Kumis rupanya mendapat tawaran terjun ke dunia politik dari Eko Patrio yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPW) PAN DKI. Eko Patrio juga membuat Opie Kumis tidak mengeluarkan banyak uang selama kampanye.

Untuk bisa menjadi calon legislatif, Opie Kumis sempat menjodohkan namanya di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Sebab, masyarakat lebih mengenalnya sebagai Opie Kumis dibandingkan Muchtar Luthfi atau M. Lufti.

Salah satu misi Opie Kumis jika menjadi anggota DPRD DKI Jakarta adalah membantu masyarakat di kawasan rumahnya di Condet, Jakarta Timur yang masih kumuh dan kumuh.

Opie Kumis ingin bantaran Sungai Ciliwung di kawasan Condet diubah menjadi taman yang indah. Selangkah lagi, keinginan Opie Kumis untuk membantu masyarakat di daerahnya akan terkabul.

4. Kehidupan Pribadi Opie Masai

Profil Opie Kumis (Instagram/@opiekumis17)
Profil Opie Kumis (Instagram/@opiekumis17)

Opie Kumis juga terkenal dengan kehidupan pribadinya, telah menikah sebanyak empat kali dan melakukan poligami. Pernikahan pertama Opie Kumis dengan wanita bernama Susi awalnya dikaruniai tiga orang anak.

Setelah Susi meninggal, Opie Kumis menikah untuk kedua kalinya. Sayangnya, pernikahan tersebut berakhir dalam waktu enam tahun karena anak Opie Kumis dari istri pertamanya tidak akur dengan ibu barunya.

Baru pada pernikahan ketiganya Opie Kumis melakukan poligami. Opie Kumis mendapat izin poligami setelah 10 tahun menikah dengan istri ketiganya.

Opie Kumis menikahkan istri keempatnya pada usia 13 tahun dengan istri ketiganya. Istri ketiga dan keempat Opie Kumis kini dikabarkan hidup berdampingan.

Di usia 64 tahun, Opie Kumis hidup bahagia bersama dua istri, delapan anak, dan delapan cucu.

Itulah profil Opie Kumis termasuk karir dan kehidupan pribadinya. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi