Berita Viral Profil Marcus Gideon, Pebulutangkis Berstatus PNS yang Viral usai Dukung Prabowo

by

Pahami.id – Marcus Fernaldi Gideon atau Marcus Gideon menjadi sorotan usai terlibat dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran. Sebab, Marcus berstatus PNS dan wajib bersikap netral.

Semua bermula dari video Arief Rosyid yang merupakan Komandan TKN Fanta bersama Marcus Gideon. Sebagai juara dunia bulu tangkis, Marcus disebut-sebut mewakili generasi muda dengan prestasi yang mendukung pasangan calon nomor urut 2 tersebut.

Marcus Gideon juga secara terbuka menampilkan simbol dua jari tersebut. Sebagai mantan atlet bulu tangkis, Arief Rosyid menyebut Marcus cocok menjadi General Manager PBSI.

Netizen lantas mewanti-wanti Marcus Gideon untuk menjaga netralitas sebagai ASN. Sesmenpora Gunawan Suswantoro pun mengaku akan memperingatkan Marcus.

Sebelum menjadi ASN, Marcus Gideon dikenal sebagai ‘pasangan’ Kevin Sanjaya. Lihat profil Marcus Gideon di bawah ini.

1. Biografi dan Agama Marcus Gideon

Profil Marcus Gideon (Instagram/@marcusfernaldig)

Marcus Fernaldi Gideon lahir di Jakarta pada 9 Maret 1991. Dikutip dari bwfbadminton.com, Marcus saat ini (Februari 2024) berada di peringkat 87 seluruh atlet ganda putra dunia.

Marcus Fernaldi Gideon diketahui menikah dengan Agnes Amelinda Mulyadi pada 2018 yang berprofesi sebagai dokter. Enam tahun menikah, Marcus dan Agnes telah dikaruniai tiga orang anak, dua putri, dan satu putra.

Sedangkan agama Marcus Gideon diyakini Kristen dari fotonya merayakan Natal bersama keluarga di Instagram pribadinya.

2. Perjalanan Karir Marcus Gideon

Profil Marcus Gideon (Instagram/@marcusfernaldig)
Profil Marcus Gideon (Instagram/@marcusfernaldig)

Sebelum Kevin Sanjaya, Marcus Gideon lebih dulu berpasangan dengan Markis Kido di ganda putra dan Rizku Amelia Pradipta di ganda campuran.

Baru pada tahun 2015, Marcus Gideon berpasangan dengan Kevin Sanjaya. Pasangan ini menciptakan sejarah baru di ganda putra dengan memenangkan 12 turnamen dalam satu tahun pada tahun 2017.

Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya kerap menerima penghargaan Pemain Terbaik di BWF, AORI, Indonesia Sports Awards, dan SIWO PWI Gold Awards.

Pasangan berjuluk The Minions ini juga masuk dalam daftar 30 Under 30 Asia dan 30 Under 30 Indonesia tahun 2020.

Sayangnya, pada Juni 2023, Marcus Gideon harus menjalani operasi pada tumit kanannya. Rahmat Hidayat kemudian dipilih sebagai pengganti Marcus untuk bermain bersama Kevin Sanjaya.

Marcus Gideon sebenarnya sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Pemuda dan Olahraga sejak November 2022. Meski masih istirahat, Marcus membantah akan pensiun dalam waktu dekat (wawancara Oktober 2023).

Di luar tugasnya sebagai atlet dan ASN, Marcus Gideon merupakan pemilik Gideon’s IndiHome Badminton Academy dan MFG Coffee and Donuts.

Itulah profil Marcus Gideon yang belakangan menjadi perbincangan hangat karena menunjukkan dukungannya terhadap salah satu kandidat. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi