Skotlandia gagal pisah, Alex Salmond mundur – Berita Dunia

by

Alex Salmond

sumber gambar, P.A

keterangan,

Alex Salmond mengatakan dia akan mundur pada November.

Ketua Menteri Skotlandia Alex Salmond telah mengundurkan diri menyusul kekalahan partainya untuk memisahkan diri dari Inggris Raya dalam sebuah referendum.

Pernyataan Salmond muncul setelah hasil resmi pemungutan suara referendum menunjukkan bahwa 10% lebih sedikit pemilih yang menginginkan Skotlandia tetap menjadi negara merdeka daripada mereka yang ingin tetap bersama Inggris Raya. Kubu “Tidak” memperoleh 2.001.926 suara, sedangkan kubu “Ya” 1.617.989 suara atau terpisah.

“Bagi saya sebagai pemimpin waktu saya hampir habis tetapi untuk Skotlandia kampanye terus berlanjut dan mimpi ini tidak akan pernah mati,” kata Salmond di ibukota Skotlandia, Edinburgh, Jumat (19/09).

“Saya sangat bangga dengan kampanye Ya Skotlandia dan terutama 1,6 juta pemilih yang memilihnya.”

Selain mengundurkan diri sebagai menteri utama, Alex Salmond juga mengumumkan akan mundur sebagai ketua Partai Nasional Skotlandia (SNP) pada konferensi tahunannya di bulan November. Begitu partai memiliki ketua baru, Salmond akan mundur sebagai ketua menteri.

Menanggapi kekalahan dalam referendum, Alex Salmond sebelumnya menyerukan persatuan dan berharap pemerintah pusat segera memenuhi janjinya untuk menyerahkan lebih banyak kekuasaan ke Skotlandia.