Pemerkosa Afghanistan tetap dihukum mati – Berita Dunia

by

Kesepakatan untuk membentuk pemerintah persatuan nasional di Afghanistan ditandatangani pada sebuah upacara di Kabul.

Penandatanganan dilakukan setelah berbulan-bulan perselisihan setelah pemilihan presiden pada bulan April dan Juni.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Ashraf Ghani menjadi presiden sementara runner-up Abdullah Abdullah menominasikan seorang CEO dengan kekuasaan yang serupa dengan perdana menteri.

Belakangan, komisi pemilihan menyatakan Tuan Ghani sebagai pemenang pemungutan suara yang sengit.

“Komisi Pemilihan Independen menyatakan Ashraf Ghani sebagai presiden, dan dengan demikian mengumumkan akhir proses pemilihan,” kata ketua komisi Ahmad Yousaf Nuristani tanpa menyebutkan jumlah suara untuk setiap calon atau jumlah pemilih.

Kedua belah pihak menuduh satu sama lain melakukan penipuan setelah pemilu dan berbulan-bulan ketidakpastian telah merusak ekonomi dan memperburuk ketidakamanan.

Ghani dan Abdullah menandatangani perjanjian tersebut dalam upacara yang disiarkan televisi di dalam istana kepresidenan di ibu kota, Kabul. Mereka kemudian berdiri dan saling berpelukan.

Mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengucapkan selamat kepada kedua pria itu, dengan mengatakan kesepakatan itu “untuk kemajuan dan pembangunan negara ini”.

“Atas nama negara Afghanistan, saya mengucapkan selamat kepada Anda atas pengertian dan kesepakatan ini,” katanya dalam pidatonya.

AS memuji kesepakatan itu sebagai “kesempatan signifikan untuk persatuan”.

“Kami mendukung perjanjian ini dan siap bekerja sama dengan pemerintahan berikutnya untuk memastikan keberhasilannya,” kata juru bicara Gedung Putih Josh Earnest.

NATO, yang mengoperasikan pasukan penjaga perdamaian internasional di Afghanistan – mengatakan berharap kedua pemimpin dapat bergerak maju “dalam semangat kemitraan politik yang sejati”.

Kesepakatan pembagian kekuasaan akhirnya tercapai setelah audit menyeluruh atas delapan juta surat suara, yang dikelola oleh Menteri Luar Negeri AS John Kerry.

Koresponden BBC Afghanistan David Loyn, yang telah melihat salinan kesepakatan itu, mengatakan kesepakatan itu menghindari kemungkinan kekerasan oleh para pendukung Abdullah.

Perjanjian tersebut mengatakan CEO baru akan bertanggung jawab kepada Tuan Ghani, meskipun dia telah kalah dalam pertempuran untuk dilantik setelah pengumuman hasil pemilihan, kata koresponden kami.

Analisis: David Loyn, BBC News, Afghanistan Pembentukan pemerintah persatuan nasional sekarang akan mengurangi pentingnya hasil pemilu. Saya memahami bahwa setelah audit, selisih terakhir antara kedua kandidat kurang dari tiga poin – pemotongan signifikan dari keunggulan Ashraf Ghani setelah hitungan pertama 13 poin.

Seorang presiden yang telah membangun reputasi internasional sebagai seorang teknokrat yang tidak fana ternoda oleh fakta bahwa sebagian besar kecurangan pemilu ditemukan dalam suaranya.

Pemerintah Afghanistan yang baru akan memiliki kabinet menteri, termasuk Chief Executive Officer dan dua deputi, diketuai oleh presiden yang akan mengambil keputusan strategis. Administrasi sehari-hari akan dilakukan oleh Dewan Menteri baru, diketuai oleh Chief Executive Officer, dan termasuk semua menteri.

Salah satu masalah utama yang membagi dua kubu adalah soal penunjukan. Abdullah Abdullah memenangkan pertarungan untuk dapat menunjuk jabatan senior dengan syarat “kesetaraan” dengan Ashraf Ghani, dan “kedua tim akan terwakili secara setara di tingkat kepemimpinan”.

Tetapi janji temu yang lebih rendah akan dibagi “sama rata” – jadi tidak akan ada penghargaan pekerjaan satu-untuk-satu di seluruh negeri. Ashraf Ghani sangat ingin melakukan reformasi besar-besaran, dan telah mendapatkan suara yang dia inginkan tentang penciptaan mekanisme “berbasis prestasi” untuk menunjuk pejabat senior.

Kepala eksekutif baru – yang dicalonkan oleh Abdullah – akan duduk di samping presiden ketika dia dilantik dalam beberapa hari mendatang.

Tuan Abdullah akan dapat menunjuk posisi senior dengan syarat “paritas” dengan Tuan Ghani. Perjanjian tersebut mengatakan “kedua tim akan terwakili secara setara di tingkat kepemimpinan”.

Namun, reporter kami mengatakan bahwa tidak akan ada pembagian pekerjaan satu-ke-satu di bawah ini dan itu dapat menimbulkan pertengkaran.

Kesepakatan itu membutuhkan semangat kemitraan. Tetapi setelah kampanye pemilihan yang sengit dan perselisihan selama berbulan-bulan, stabilitas pemerintah tidak dapat dijamin, tambahnya.

Sebelumnya, Abdullah mengatakan kepada BBC bahwa dia menerima bahwa Ghani harus menjadi pemimpin.

Seorang juru bicara Mr Ghani mengatakan bahwa tidak ada perselisihan lebih lanjut antara kedua pihak.

Salah satu tugas pertama presiden baru diperkirakan secara luas adalah menandatangani perjanjian keamanan bilateral dengan AS.

Kesepakatan itu akan memungkinkan sekelompok kecil tentara tetap tinggal setelah 2014 untuk melatih pasukan keamanan Afghanistan.

Presiden Karzai menolak menandatangani perjanjian keamanan, yang terkait dengan kelanjutan bantuan yang dibutuhkan untuk membayar pegawai negeri sipil, guru, dan tentara Afghanistan.

Pak Ghani dan Pak Abdullah telah berjanji untuk menandatanganinya.