Ikrar pemimpin dunia untuk membasmi DI – Berita Dunia

by

pembicaraan damai

sumber gambar, AFP

keterangan,

Presiden Prancis Francois Hollande berfoto bersama para menteri luar negeri dan pemimpin lainnya menghadiri pembicaraan tentang DI di Paris.

Tiga puluh negara telah berjanji untuk membantu Irak melawan kelompok militan Negara Islam atau ISIS “dengan cara apa pun yang diperlukan”.

Pernyataan bersama dari para menteri luar negeri yang ikut serta dalam konferensi besar di Paris mengatakan dukungan mereka akan mencakup “bantuan militer yang sesuai”.

Konferensi tersebut diadakan untuk menyepakati strategi untuk menghilangkan kelompok yang saat ini menguasai sebagian besar Irak dan Suriah, dan mengikuti tur ke Timur Tengah yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri AS John Kerry.

John Kerry, yang hadir dalam pertemuan tersebut, telah menggalang dukungan untuk rencana aksi yang diumumkan Presiden Barack Obama pekan lalu.

Pembunuhan DI atas pekerja bantuan Inggris David Haines, yang ditampilkan dalam video yang dirilis oleh kelompok militan itu pada Sabtu, menambah momentum bagi rencana Obama, kata wartawan BBC Lucy Williamson di Paris.

Membuka pertemuan, Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan ancaman DI harus ditanggapi secara global.

Badan intelijen AS, CIA, memperkirakan bahwa DI – sebelumnya dikenal sebagai ISIS – memiliki antara 20.000 dan 31.000 pejuang di Irak dan Suriah.

Presiden Irak Fuad Masum, yang menjadi tuan rumah bersama konferensi dengan Presiden Hollande, mengatakan masyarakat internasional harus “segera” memburu kelompok jihadis tersebut.

“Jika intervensi dan dukungan terhadap Irak terlambat, berarti DI akan mampu menduduki wilayah yang lebih luas dan menimbulkan ancaman yang lebih besar,” kata Fuad Massum.