Berita WWF 2024 Usung Komitmen Baru soal Pengelolaan Wilayah Sungai

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan pada peresmian Hari Segmen Wilayah Sungai, kerja sama menjadi kunci dalam pengelolaan wilayah sungai atau wilayah sungai.

Hal tersebut disampaikan Basuki pada penutupan Basin Segment Day pada rangkaian World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Rabu (22/5). Saat itu disepakati komitmen Bali Basin Champions Action Agenda yang mendukung pengelolaan wilayah sungai sebagai katalis pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs.

“Basin Segment Day merupakan kesempatan berharga untuk membahas langkah selanjutnya guna meningkatkan kerja sama dan bertukar praktik baik dalam pengelolaan wilayah sungai,” kata Basuki.


Sekretaris Jenderal International Network of Basin Organizations (INBO) Eric Tardieu mengatakan para peserta segmen DAS menyambut baik keputusan WWF ke-10.

“Selanjutnya menyatukan pengelolaan wilayah sungai sebagai prioritas politik dengan terus memasukkan permasalahan wilayah sungai pada segmen politik tingkat tinggi, serta segmen kementerian, parlemen, dan pemerintah daerah,” jelas Eric.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Kolaborasi dalam Agenda Bali Basin Champion mencakup peluncuran Twin Basin Initiative (TBI), sebuah program peningkatan kapasitas dan pertukaran pengalaman antara organisasi-organisasi dari seluruh dunia yang bekerja dalam Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu (IWRM) di wilayah aliran sungai nasional dan lintas sungai di level nasional.

Kemudian, TBI akan mendukung kegiatan peningkatan kapasitas bersama, seperti webinar, pertukaran tatap muka, studi banding, serta diseminasi pembelajaran dalam skala global seperti peer to peer dan ke masyarakat.

Beberapa pihak juga berkontribusi dalam program ini. Komisi Eropa, misalnya, memberikan kontribusi dalam bentuk proyek peer-to-peer global untuk organisasi wilayah sungai dan pengembangan kapasitas serta program kembaran IWRM antar organisasi wilayah sungai.

Belakangan, Badan Pembangunan Perancis berkontribusi dalam bentuk Proyek DYNOBA (peningkatan kapasitas organisasi daerah aliran sungai transnasional di Afrika).

Sekadar informasi, INBO merupakan organisasi yang fokus pada penerapan pengelolaan sumber daya air secara terpadu di wilayah sungai, danau, dan akuifer nasional dan lintas negara, termasuk dalam hal tata kelola terpadu, perencanaan strategis, sistem informasi bersama, pembiayaan berkelanjutan untuk mengatasi tantangan pembangunan. perubahan iklim, pelestarian keanekaragaman hayati, serta kerja sama lintas batas.

(rea/rir)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);