Berita 5 Agama Kuno di Dunia, Apa yang Tertua?

by

Jakarta, Pahami.id

Agama merupakan suatu bentuk hubungan antara manusia dengan kepercayaan yang tergolong sakral dan istimewa.

Ajaran agama di seluruh wilayah memang mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Sebab, ilmu yang terkandung dalam suatu agama mencerminkan kehidupan manusia di dunia.

Jika ditilik ke belakang, ada ajaran agama kuno yang sudah ada sejak zaman peradaban manusia.


Berikut lima agama kuno yang memelopori perkembangan di dunia, seperti dilansir Atlas Dunia.

1. Taoisme

Taoisme pertama kali dimulai di Tiongkok 2.400 tahun yang lalu. Keyakinan ini segera diakui sebagai agama resmi pada masa Dinasti Tang.

Ajaran Taoisme bercirikan sikap positif dan aktif terhadap ilmu gaib. Keyakinan ini menyangkut aspek moral dan perkembangan akhlak dalam kehidupan manusia.

Kepercayaan ini diciptakan oleh seorang filsuf bijak bernama Laozi atau Lao Tzu. Oleh karena itu, ajaran Taoisme mencerminkan sikap unik Laozi terhadap ajaran ‘Daodejing’ atau ‘Jalan Kekuasaan Klasik’.

Taoisme masih dianut oleh lima juta orang di Tiongkok dan beberapa negara Asia lainnya. Seperti Jepang, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, dan Vietnam.

2.Buddha

Agama Buddha telah ada sejak abad kelima. Ajaran ini menjadi agama yang berkembang di India utara dan menyebar ke Asia Tengah.

Pemahaman Budha pertama kali disampaikan oleh Siddhartha Gautama sebagai seorang pangeran muda dari Lumbini, sebuah wilayah di Nepal. Kisah hidup Sidharta yang berliku dan penuh makna dijadikan sebuah agama oleh para pengikutnya.

Agama Buddha memainkan peran inti dalam perilaku manusia sehari-hari. Agama Buddha percaya bahwa hidup adalah siklus penderitaan yang mengarah pada kelahiran kembali.

Umat ​​​​Buddha tidak percaya pada Tuhan, melainkan pada roh dan makhluk gaib yang membimbing kehidupan manusia ke arah yang lebih baik.

Bersambung di halaman berikutnya…


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);